Situs Pengetahuan Umum Berbasis Online Vs Cetak

Dengan kecanggihan teknologi yang ada, banyak hal yang bisa dilakukan dengan sangat mudah, salah satunya adalah untuk belajar. Dulu belajar hanya bisa dilakukan dengan membeli sebuah buku ilmu pengetahuan atau dengan datang ke sekolah. Namun sekarang tidak, karena pelajaran bisa didapatkan dari manapun dan kapanpun. Hadirnya internet menjadi salah satu penunjang hal tersebut, internet adalah media yang memungkinkan Anda untuk menemukan berbagai macam hal baru, tak hanya untuk kebutuhan menjalin pertemanan atau mungkin bermain game saja, melainkan juga untuk belajar di situs pengetahuan umum. Keberadaan berbagai macam website memang memiliki konten yang beragam, diantaranya ada yang secara khusus berisi tentang berita apa yang tengah terjadi saat ini, kemudian juga ada konten yang secara khusus membahas mengenai hal-hal unik, ataupun konten yang isinya adalah pengetahuan, pembelajaran-pembelajaran yang disajikan dalam bentuk unik dan mudah untuk dipahami siapa saja. sehingga sekarang ini tak harus membawa buku kemana-mana, melainkan cukup dengan sebuah gadget saja, maka apa yang Anda ingin ketahui sudah bisa dijawab oleh internet. Buat kamu yang masih sekolah dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas, tersedia juga informasi mengenai passing grade universitas seperti passing grade ITB yang bisa kamu jadikan acuan atau referensi ketika berlatih untuk menghadapi soal masuk Institut Teknologi Bandung.

Sebagian besar diantara masyarakat sendiri mungkin masih sangat jarang yang mengenal dan tau cara menggunakan internet. Padahal dengan adanya dunia maya tersebut sebenarnya ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan, khususnya adalah dalam hal belajar mengajar ini, diantaranya adalah:

  • Bisa mendapatkan lebih banyak ilmu pengetahuan baru, keberadaan buku sebagai salah satu media untuk berbagi informasi dan juga pengetahuan memang sudah tak bisa diragukan lagi, hanya saja jika dilihat, konten atau isi yang ada dalam sebuah buku sangat terbatas pada jumlah halaman yang ada di dalamnya. Tak semua informasi atau pengetahuan bisa diisi dalam buku tersebut, berbeda dengan internet yang sangat luas, sehingga Anda bisa dapatkan lebih banyak sumber dari mana saja.

 

  • Bisa diakses kapan saja, jika melihat keberadaan internet yang memang semakin lama semakin luas cakupannya, maka informasi yang dihadirkan sendiri juga bisa dibuka kapan saja, ketika Anda tengah membutuhkan atau untuk sekedar mengisi waktu senggang di rumah, maka bisa digunakan sebagai sarana bacaan untuk mencegah rasa bosan.

 

  • Konten yang disajikan lebih unik, kontennya sangat beragam, diantaranya Anda bisa mendapatkan sebuah website yang isinya khusus membahas mengenai ilmu pengetahuan, kemudian juga hak-hal unik, hingga seputar klinik, berita luar negeri dan masih banyak lagi semuanya ada di internet. Sedangkan buku biasa belum tentu dapat menyajikan semua itu.

 

  • Pembaca juga bisa berpartisipasi langsung untuk mengoreksi informasi yang ada, dapat berhubungan langsung dengan penulisnya dengan memberikan komentar pada kolom yang sudah tersedia, sehingga ada kroscek ulang dari penulis untuk memperbaiki tulisan mereka jika ada kesalahan yang terjadi, hubungan timbal baliknya jauh lebih bermanfaat.

 

  • Bisa diakses dengan sangat mudah dan murah, untuk mendapatkan satu buah buku pengetahuan biaya yang harus Anda keluarkan tentunya tidak murah, apalagi jika Anda termasuk orang yang gemar dalam membaca, pastinya banyak uang yang harus dikeluarkan bukan. Namun dengan adanya situs-situs berbasis online, maka informasi menjadi hal yang sangat mudah dan murah untuk didapatkan berbasis teknologi dan juga paket internetan saja.

Namun juga harus berhati-hati karena tak semua situs pengetahuan umum sajian informasi terpercaya, temukan yang paling aman hanya di AkuPaham. Dapatkan lebih banyak informasi dari berbagai rubrik unik dan bermanfaat untuk bahan bacaan Anda.

Oktober 8th, 2017 by