Kue Lidah Kucing Rainbow, Sajian Istimewa di Hari Raya

kue lidah kucingHari raya lebaran sudah hampir tiba. Segala jenis persiapan mulai dari bersih-bersih rumah dan lingkungan, menyiapkan menu untuk Lebaran, baju baru hingga kue kering sebagai suguhan untuk tamu juga harus dipersiapkan. Untuk meramaikan suasana, Anda bisa memilih kue lidah kucing rainbow yang belakangan ini sangat populer semenjak adanya rainbow cake. Kue kering gurih dan manis ini bisa menjadi pelengkap yang manis di hari raya Anda.

Pada dasarnya cara pembuatan lidah kucing rainbow ini sama dengan kue biasanya. Namun dari segi warnanya saja yang dibuat berbeda sehingga bisa lebih semarak ketika dipandang yang mengakibatkan orang yang melihatnya tergoda untuk merasakan lezatnya kue ini. Kue ini selain lezat, maka bisa lebih indah ketika dipandang karena adanya warna-warna unik nan ceria. Meski begitu, banyak juga yang kerap gagal ketika mencoba membuat kue ini padahal jika dilihat sepintas, bentuk kue juga sangat standar.

Jika Anda ingin membuat kue kering lidah kucing rainbow ini berhasil, maka berikut ini beberapa tips singkatnya:

1. Pakai tepung terigu dengan tingkat protein sedang

Yang pertama adalah dari segi bahan terlebih dulu dimana kue yang berkualitas akan bisa dihasilkan dengan bahan yang berkualitas pula. Anda bisa memilih tepung terigu dengan tingkat protein yang sedang karena bisa menjadikan kue ini lebih ringan dan mengembang tapi tetap renyah ketika disantap. Pastikan juga untuk mempertimbangkan perbandingan jumlah masing-masing bahan dengan seimbang mulai dari tepung terigu, margarin, putih dan putih telurnya.

2. Hindari mentega dan pakai margarin

Mentega biasanya lebih mahal di pasaran. Untuk itu, Anda masih bisa memakai alternatif dengan pemakaian margarin yang lebih terjangkau harganya. Selain itu, dengan margarin, maka kue lidah kucing yang Anda buat pasti akan lebih gurih dan lebih terasa istimewa.

3. Loyang khusus

Jika Anda membuat kue kering lidah kucing tanpa warna, maka bisa menggunakan loyang biasanya. Namun berbeda jika Anda membuat kue kering lidah kucing berwarna pelangi ini karena loyang nya khusus dengan bentuk yang cenderung agak melekuk sehingga ketika proses penyemprotan adonan warna lebih mudah dengan proporsi ukuran lebih seimbang. Oleh karena itu, pastikan untuk mempersiapkan loyang khusus terlebih dulu. Untuk loyang, direkomendasikan loyang berbahan alumunium yang mampu menyerap panas api perlahan sehingga matang nya kue lebih stabil.

4. Perhatikan komposisi warnanya

Mengingat kue ini berwarna warni, maka Anda juga harus memisahkan adonan demi adonan ke dalam wadah berbeda untuk bisa membedakan pencampuran warnanya. Dalam memilih pewarna makanan, pastikan untuk menggunakan pewarna khusus kue yang memang terkenal berkualitas. Campurkan secara hati-hati setetes demi setetes dan sambil diaduk sehingga warna kue yang diinginkan bisa didapatkan. Hindari menuang pewarna secara langsung dalam jumlah banyak karena bisa membuatnya berwarna pekat dan kurang bagus.

5. Cara mengangkat kue

Jangan lupa untuk mengolesi margarin ke loyang sebelum menata adonan kue nya agar kue tidak lengket ketika matang. Selain itu teknik mengangkat kue juga harus baik mengingat tekstur dari kue ini agak rapuh dan mudah hancur. Anda bisa menggunakan pencungkil kue dan tunggu dulu hingga kue agak dingin sekitar 20 menit sebelum mengangkatnya.

Itulah beberapa tips dalam membuat kue lidah kucing rainbow agar lebih berhasil dan berbentuk baik. Pastikan untuk mengukur takaran secara seimbang sehingga rasanya lebih pas di lidah.

Mei 24th, 2017 by