Kue Lebaran, 6 Jenis Kue yang Paling Populer di Moment Lebaran

Kalau sudah mendengar kata “Lebaran”, maka selalu saja yang terlintas dalam pikiran kita adalah beraneka jenis makanan yang lezat yang untuk menjadikan perayaan ini semakin meriah dan menyenangkan. Dimana saat momen Lebaran tiba, biasanya tetangga, kerabat dekat dan bahkan teman-teman akan berkunjung ke rumah dan berkumpul bersama untuk saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi. Inilah saat yang tepat untuk menyajikan aneka makanan mulai dari kue kering hingga ketupat dan opor saat berkumpul bersama. Tak hanya soal ketupatnya saja yang khas pada saat Lebaran, ada beberapa jenis kue Lebaran yang paling khas dan paling sering disajikan:

kue lebaran

  1. Kue Nastar.

Untuk jenis kue nastar satu ini memang sudah tidak diragukan lagi ketenarannya. Ibarat kata, kue ini merupakan primadona dari semua jenis kue kering yang disajikan pada saat Lebaran tiba. Kue ini merupakan kue yang berasal dari negeri Belanda yang berarti “tart nanas”. Kue ini berbentuk bulatan kecil berdiameter sekitar 2 cm dengan isian selai nanas. Nastar merupakan jenis kue yang memadukan rasa manis dan gurih dengan sempurna. Warnanya pun cantik karena diolesi kuning telur sebelum dipanggang dan kadang diberi hiasan berupa batang cengkeh.

2. Kue kastengel.

Sama seperti Nastar, Kastengel ini merupakan kue yang berasal dari Belanda yang masuk ke Indonesia pada jaman penjajahan. Kue ini berasal dari bahasa Belanda. Kas artinya keju dan stengel artinya batang. Jadi kue ini berarti “batang keju”. Pantaslah kue ini disebut demikian, karena bahan utamanya saja adalah parutan keju baik untuk campuran adonan maupun sebagai taburan. Keju yang dipakai biasanya adalah keju cheddar atau keju edam (keju Belanda). Kue lebaran satu ini tidak memiliki citarasa manis, melainkan gurih dan cheesy.

3. Kue Putri Salju.

Belum diketahui pasti bagaimana asal usul kue Putri Salju ini, namun jika dilihat dari tampilan luarnya, kue ini memang nampak seperti kue yang “bersalju” karena dibalut dengan taburan gula halus yang terasa dingin saat berada di mulut. Kue ini berbentuk bulan sabit dan rasanya sangat manis. Kuenya sendiri sangat lembut sehingga akan lumer sendiri saat berada dalam mulut. Kue ini juga sering disajikan saat perayaan Natal dan Imlek.

4. Kue Lidah Kucing (Katte Tong/Cat’s Tongue).

Kue ini tak hanya populer di Indonesia saja, melainkan di negara-negara lain seperti Vietnam, Filipina dan Eropa. Kue ini juga berasal dari Belanda yang mana memiliki nama asli “Katte Tong” yang berarti “Lidah kucing”. Di Inggris sendiri, kue ini disebut dengan “Cat’s Tongue” yang sama artinya. Kue ini rasanya manis, gurih dan sangat renyah. Berbentuk seperti lidah kucing.

5. Kue Semprit Mawar.

Kue Semprit Mawar merupakan sejenis kue kering yang disajikan saat Lebaran. Kue ini berbentuk seperti bunga mawar dengan hiasan yang biasanya berupa permen coklat warna-warni atau kadang diberi hiasan berupa buah cherry kering. Kue ini rasanya manis dan memiliki tekstur yang agak renyah. Kadang kue ini juga dimodifikasi dengan ditambahkan potongan kacang almond yang gurih.

6. Kue Kacang.

Meski tidak begitu populer dan terlihat biasa-biasa saja, namun ternyata tak sedikit juga yang menjadikan kue lebaran satu ini sebagai sajian wajib saat Lebaran. Karena rasanya lain daripada yang lain. Sesuai dengan namanya, kue ini terbuat dari campuran adonan kue kering dan kacang tanah sangrai. Rasa kacang pada kue ini memang sangat mendominasi dan memiliki bentuk yang bermacam-macam.

Mei 24th, 2017 by