Benarkah Insomnia Dapat Mempercepat Kematian?

Menurut pada ahli kesehatan, insomnia bukanlah suatu penyakit, akan tetapi insomnia merupakan salah satu gejala yang banyak dialami hampir sebagian orang yang mana hal ini terjadi karena berbagai faktor. Pada insomnia yang akan dijelaskan pada situs AkuPaham berikut ini dapat dialami semua orang baik remaja, anak-anak hingga sampai orang tua sekalipun. Karena penyebabnya dari berbagai hal misal pada emosional, gangguan pada fisik, stres karena cemas, depresi, gelisah, atau bisa juga karena rasa takut.

Pada penderita insomnia, maka gejala utamanya akan mengalami kesulitan tidur. Atau sering juga terbangun pada malam hari. Sedangkan apabila manusia kurang jam istirahat atau kurangnya jam tidur, terlebih pada tidur di malam hari, maka hal tersebut akan menjadikan tubuh menjadi lemah dan lelah pada keesokan harinya. Tentu hal ini sangatlah mengganggu bagi Anda yang bekerja, yang mana akan menjadikan Anda tidak fokus pada pekerjaan.

Adapun beberapa gejala dari insomnia yang sering dialami para penderitanya, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Sering terbangun di tengah malam atau bahkan sulit untuk memulai tidur lebih awal.
  2. Bisa tidur, akan tetapi tidur tidak nyenyak.
  3. Merasa cemas, gelisah, takut, atau merasa khawatir mengenai segala sesuatu yang telah terjadi dimasa lalu atau pada masa yang akan datang nantinya.

Tubuh manusia memang membutuhkan istirahat serta tidur yang cukup, dengan begitu manusia dianjurkan untuk mengistirahatkan tubuhnya di malam hari agar tubuh yang seharian bekerja dapat merasa rileks sejenak. Akan tetapi hal ini akan sulit dilakukan bagi penderita insomnia yang mana akan jauh terlihat lemas pada pagi harinya dikarenakan kurangnya jam tidur pada malam harinya.

Dampak yang di dapat dari penderita insomnia pun juga sangatlah banyak yaitu seperti yang ada di bawah berikut ini:

  1. Menjadikan penderitanya mudah lupa.
  2. Kulit akan terlihat pucat, serta akan timbul kantung mata.
  3. Insomnia dapat menyebabkan depresi.
  4. Insomnia bisa menyebabkan menurunnya konsentrasi.
  5. Dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Adapun beberapa tips rahasia yang dapat untuk Anda ketahui agar kebiasaan susah tidur tidak akan Anda alami lagi, yaitu seperti yang ada di bawah ini:

  1. Ketika menjelang petang hari, maka jangan mengkonsumsi kafein yang berlebihan.
  2. Hindari stres, terlebih pada malam hari.
  3. Cobalah untuk tidur lebih awal, apabila tidak bisa, maka paksalah mata Anda untuk terpejam.
  4. Tinggalkan segala aktifitas di malam hari, misalnya menonton tv, main gadget atau game.
  5. Tempatkan tubuh Anda pada posisi yang nyaman.
  6. Hindari penerangan cahaya yang berlebihan. Anda bisa membuat kamar Anda remang-remang.
  7. Perbanyak minum air putih dan susu menjelang tidur.
  8. Cuci kaki, tangan dan muka ketika akan beranjak tidur, atau mandilah dengan air hangat.

Apabila Anda memiliki gangguan pada tidur Anda salah satunya yaitu insomnia, maka janganlah Anda membiarkan hal tersebut terjadi terus-menerus, banyak yang beranggapan bahwa insomnia memanglah hal yang sepele, akan tetapi dapat berdampak buruk dan fatal apabila Anda tidak mengobati kebiasaan buruk tersebut. Sehingga apabila Anda salah satu penderita insomnia, maka segeralah mencari jalan keluar dengan menerapkan tips di atas yang ada pada situs AkuPaham agar susah tidur yang selama ini Anda alami tidak lagi bersarang pada diri Anda. Seperti yang sudah Anda ketahui, semakin lama insomnia Anda alami, maka semakin cepat pula tingkat kematian pada penderitanya.

Oktober 8th, 2017 by