Aneka Tempat Pensil, Pulpen, Penggaris Kreasi Sendiri

Banyaknya alat perlengkapan sekolah yang ada di kamar anak terkadang membuat suasana kamar sedikit berantakan. Belum lagi jika si anak masih kecil dan masih malas menata kembali perlengkapan sekolahnya seperti pensil, pulpen, penggaris dan lainnya. Hal tersebut seharusnya tidak dibiarkan saja karena selain ruang kamar anak menjadi berantakan juga tidak memberikan pendidikan mental yang baik kepada anak. Orang tua harus sedikit demi sedikit memberikan didikan untuk melatih anak agar mau membenahi perlengkapan sekolahnya sendiri setelah digunakan. Untuk dapat mengajarkan anak agar mau menata kembali peralatan sekolahnya, membuat kreasi tempat peralatan sekolah sendiri akan menjadi cara yang baik untuk memulainya.

tempat pensil, pulpen, dan penggaris

Tempat Pensil, Pulpen, dan Penggaris Kreatif

Dengan mengajak anak untuk membuat tempat peralatan sekolah sendiri dengan kreasi yang unik dan sesuai selera anak, anak akan lebih terdorong menggunakan tempat tersebut untuk menata kembali peralatan sekolahnya. Tempat peralatan sekolah dengan berbagai bentuk dan warna juga akan menjadi dekorasi tersendiri bagi kamar si kecil.

Berikut ini adalah macam-macam tempat peralatan sekolah anak yang dapat ibu ajarkan kepada mereka sebagai pancingan agar mau menempatkan peralatan sekolahnya dengan rapi:

1. Tempat pensil dan pulpen dari botol plastik bekas.

Carilah botol plastik bekas yang dulunya berisi minuman soda kemasan 1,5 liter atau setengahnya tergantung dari besar kecil tempat yang ingin ibu buat. Potonglah menjadi 2 bagian di leher botol sehingga mendapatkan bawahan botol yang lebar. Buang bagian tutupnya. Hiasi bagian bawah botol dengan pita warna-warni atau dengan menempelkan boneka perca dan boneka kain menggunakan lem tembak. Jika ibu memiliki cat acrylic, botol pun dapat dicat sesuai dengan warna kesukaan anak. Tempatkan botol pada meja anak atau bisa juga ditempelkan ke dinding kamar.

2. Tempat pensil, pulpen, penggaris dari stick es krim.

Selain dari botol, penggunaan bahan stick es krim juga dapat dilakukan dan menambah kreatifitas anak. Belilah stick es krim dalam jumlah yang banyak sekaligus agar lebih murah karena Anda akan membutuhkan banyak stick. Ada beberapa macam yang bisa Anda beli yang dibedakan dari panjang dan bentuknya dan warna. Pilihlah yang sesuai selera anak-anak sehingga memberi tambahan semangat. Persiapkan lem kayu dan alat untuk mengoleskannya. Anda bisa bereksperimen membuat balok yang memanjang untuk satu tempat, namun bisa juga langsung membuat 3 wadah dalam satu kesatuan. Panjang dan lebar tempat pensil bisa disesuaikan dengan ukuran pensil, begitu juga dengan pulpen atau penggaris. Jika Anda sudah berhasil membuatnya, coba juga untuk membuat kerajinan yang lain seperti tempat surat atau tempat penghapus.

3. Tempat pensil warna dari kardus bekas.

Kardus juga merupakan bahan yang banyak digunakan untuk berbagai kerajinan dan alat rumah tangga seperti tempat peralatan sekolah. Pilihlah kardus bekas yang memiliki volume sesuai sehingga dapat dijadikan tempat pensil warna misalnya kardus stick cookies yang dipotong bagian atasnya. Lapisi kardus dengan kertas warna dan hiasan yang unik agar lebih semarak.

Itulah beberapa kreasi tempat pensil, pulpen, penggaris yang dapat Anda buat bersama si buah hati agar mereka mau menggunakannya untuk mengatur penempatan peralatan sekolah setelah selesai digunakan. Dengan membuat sendiri mereka dapat berkreasi sesuai selera dan pastinya ingin hasil karyanya digunakan oleh diri mereka sendiri. Selain melatih kreatifitas dan kemandirian, cara ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda untuk memberikan mainan edukatif pada si buah hati.

April 27th, 2017 by