Berbicara mengenai bisnis memang seolah tak ada habisnya. Apalagi jika menyangkut bisnis makanan dan minuman. Sebab, setiap manusia pasti akan dan minum. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa bisnis satu ini memang tidak ada matinya.

Pertanyaannya kemudian, bisnis makanan atau minuman apa sih yang sedang naik daun? Kalau saya ditanya demikian, akan saya jawab dengan pasti, bisnis kopi! Lihat saja di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan kota-kota besar lainnya. Warung kopi dan cafe tumbuh bagaikan jamur di musim hujan.

Mungkin sebagian orang akan beranggapan bahwa barangkali hal itu disebabkan karena di kota-kota tersebut banyak mahasiswa. Dugaan seperti ini memang ada benarnya juga. Sebab mahasiswa memang membutuhkan tempat nongkrong. Baik itu untuk sekedar berengkrama, ngobrol dengan kawan, atau mungkin mengerjakan tugas hingga larut malam. Tak heran apabila kemudian mereka memilih ke cafe-cafe atau warung kopi untuk beberapa aktivitas tersebut.

Akan tetapi, nyatanya, cafe-cafe dan warung kopi tidak hanya tumbuh di kota-kota dengan jumlah mahasiswa yang banyak. Bahkan di kota-kota kecil pun, cafe-cafe dan warung kopi juga tumbuh bagai tak terbendung. Ini membuktikan bahwa memang bisnis kopi memang menjanjikan.

Sebenarnya bisnis kopi memang menjanjikan. Muli dari hulu hingga ke hilir. Mulai dari petani kopi hingga cafe. Setidaknya, beberapa bisnis kopi yang bisa disebut diantaranya adalah ; petani kopi, penjual kopi mentah baik bubuk maupun butir kopi, penjual alat-alat kopi, hingga cafe atau warung kopi.

Saya kira, pesatnya perkembangan bisnis di bidang ini, selain dikarenakan oleh “internet”, di mana salah satu faktor orang-orang nongkrong adalah mencari “internet”, juga didorong oleh waktu luang masyarakat yang semakin banyak. Waktu luang ini, uniknya bisa berarti bahwa masyarakat Indonesia semakin sejahtera atau sebaliknya, masyarakat Indonesia semakin tidak sejahtera.

Logika bahwa ramainya cafe dan warung kopi yang menandakan bahwa masyarakat Indonesia semakin sejahtera adalah bahwa karena orang-orang Indonesia semakin sejahtera, maka waktu luang mereka semakin banyak, untuk kemudian dihabiskan di cafe atau warung-warung kopi. Sedangkan, sebaliknya, bisa juga hal ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia semakin tidak sejahtera. Sebab, menurut salah satu riset yang penah saya baca (entah di mana lupa), sebagian masyarakat meskipun tidak sejahtera, mereka tetap akan pergi ke cafe-cafe untuk memenuhi “kebutuhan sosial” mereka. Urusan kantong mereka tak ada isinya itu urusan kesekian. Asal gengsi sudah terjaga di hadapan kawan-kawan.

Dari sini saja, bisa kita simpulkan bahwa bisnis kopi di Indonesia memang sangat menjanjikan. Entah masyarakat Indonesia makin sejahtera atau sebaliknya, yang penting, jika anda akan terjun di bisnis ini, kemungkinan anda akan semakin besar untuk menjadi kaya. hahahaha

Written by MUHAMMAD DANIEL FAHMI RIZAL