Pembayaran UKT UI dengan BNI Mobile Banking

AkademikComments are off for this post.

You Are Here:Pembayaran UKT UI dengan BNI Mobile Banking

Disaat sedang pandemi ini, tentu kita harus mengurangi kegiatan fisik di luar rumah, termasuk melakukan pembayaran biaya pendidikan ke ATM. Oleh karena itu, BNI menghadirkan fitur baru untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan di Indonesia. Berikut ini adalah tahapan dalam melakukan pembayaran dengan BNI Mobile Banking.

Panduan resmi pembayaran dari Universitas Indonesia dapat diakses melalui tautan: bit.ly/MetodePembayaranUI

1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking

Gambar 1. Halaman Login BNI Mobile Banking

Pada bagian ini, Anda harus memasukan MPIN (6 digit) dan klik ‘Login’, atau Anda dapat menggunakan fitur baru dari BNI, yaitu Biometrik Login dengan Face Recognition atau Fingerprint. Untuk aktivasi fitur ini, Anda dapat mengunjungi laman resmi BNI pada tautan: https://www.bni.co.id/id-id/beranda/berita/pengumuman/articleid/7079.

2. Pilih menu ‘Pembayaran’

Gambar 2. Halaman Utama BNI Mobile Banking

Pada halaman utama ini, pilih menu ‘Pembayaran‘ yang ditandai dengan kotak merah pada Gambar 2.

3. Pilih menu ‘Biaya Pendidikan’

Gambar 3. Halaman Menu Pembayaran

Setelah memilih menu ‘Pembayaran’ pada tahap sebelumnya, Anda dapat geser ke atas untuk melihat menu di bagian bawah. Lalu pilih menu ‘Biaya Pendidikan‘ yang ditandai dengan kotak merah pada Gambar 3.

4. Ubah ‘Jenis Layanan’

Gambar 4. Halaman Biaya Pendidikan untuk Pendaftaran

Setelah Anda memilih menu ‘Biaya Pendidikan’ pada tahap sebelumnya, maka Anda akan melihat layar seperti Gambar 4. Perhatikan bahwa Jenis Layanan pada Gambar 4 merupakan layanan ‘Pendaftaran’. Maka, Anda dapat mengubah Jenis Layanan dengan menekan panah ke bawah di samping kanan kata Pendaftaran yang ditandai dengan kotak merah pada Gambar 4.

5. Ubah menjadi ‘Pembayaran’

Gambar 5. Pilihan Jenis Layanan

Setelah Anda menekan panah ke bawah sesuai pada tahap sebelumnya, maka Anda mendapatkan layar dorong naik (pop-up) dan Anda dapat memilih ‘Pembayaran‘ yang ditandai dengan kotak merah pada Gambar 5.

6. Ubah ‘Perguruan Tinggi’

Gambar 6. Halaman Biaya Pendidikan untuk Perguruan Tinggi

Setelah Anda mengubah ‘Jenis Layanan’ pada tahap sebelumnya, maka Anda akan melihat layar seperti Gambar 6. Perhatikan bahwa Perguruan Tinggi pada Gambar 6 bukan ‘Universitas Indonesia’. Maka, Anda dapat mengubah Perguruan Tinggi dengan menekan panah ke bawah di samping kanan perguruan tinggi yang tertera (dalam Gambar 6 tertulis ‘IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten’) yang ditandai dengan kotak merah pada Gambar 6.

7. Ubah menjadi ‘Universitas Indonesia’

Gambar 7. Pilihan Perguruan Tinggi

Setelah Anda menekan panah ke bawah sesuai pada tahap sebelumnya, maka Anda mendapatkan layar dorong naik (pop-up) dan Anda dapat mencari ‘Universitas Indonesia’ dengan mengetik pada lingkaran biru atau geser ke atas, lalu klik pada tulisan ‘Universitas Indonesia’ yang ditandai dengan lingkaran merah pada Gambar 7.

8. Isi NPM pada ‘Nomor Billing

Gambar 8. Isi Nomor Billing dengan NPM

Setelah Anda mengubah ‘Jenis Layanan’ pada tahap sebelumnya, maka Anda akan melihat layar seperti Gambar 8. Lalu Anda harus mengisi NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) Anda yang mempunyai panjang 10 digit angka pada kolom pengisian dibawah tulisan ‘Nomor Billing‘. NPM dapat Anda lihat di Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), maupun di SIAK-NG Anda.

Setelah Anda mengisi NPM pada Nomor Billing, tekan ‘Lanjut‘ yang tertera pada bagian bawah layar Anda.

9. Validasi Transaksi Anda

Gambar 9. Validasi Transaksi

Pada tahap ini, perhatikan NAMA, NOMOR BILLING, dan SPP. Apabila sudah sesuai dengan nominal pembayaran yang tertera pada SIAK-NG, Anda dapat mengisi ‘Password Transaksi‘, lalu klik ‘Lanjut‘ pada bagian bawah layar.

10. Simpan Bukti Transaksi

Gambar 10. Bukti Transaksi

Apabila Transaksi Berhasil, Anda dapat mengunduh (download) atau tangkap layar (screenshot) bukti tersebut apabila dikemudian hari terdapat masalah tentang pembayaran ini.

Umumnya, status pembayaran Anda di SIAK-NG sudah berubah (update) dalam waktu kurang dari 5 menit. Silakan Anda cek secara berkala. Apabila terdapat masalah pembayaran, Anda dapat menghubungi Adkesma pada Jurusan/Departemen/Fakultas Anda. Terima kasih.

Have a nice day!

About the author:

Math
Top