Jika dulu toko daring hanya fokus menjual barang-barang kebutuhan seperti produk elektronik dan fesyen, kini toko daring mengekspansi bisnis dengan mengembangkan produk-produk digital.

Jumlah transaksi daring di Indonesia terus mengalami pertumbuhan seiring perkembangan ekosistem toko daring tiap tahunnya. Produk digital adalah produk yang tidak berwujud dan tidak memiliki bentuk secara fisik yang diperjual-belikan. Umumnya produk digital ini diperjual-belikan melalui media daring. Dengan pertumbuhan toko daring di Indonesia, produk digital ini tampak bukan lagi sesuatu yang baru.

Toko daring di Indonesia juga mulai berekspansi menjual produk digital yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Jika kamu pernah membeli voucher game Steam atau bayar zakat melalui daring, maka bisa dibilang kamu telah membeli produk digital. Selain voucher game, apa saja sih jenis-jenis produk digital yang ada di toko daring?

Untuk mempermudah, kami membaginya dalam beberapa kategori produk digital:

Pembayaran Tagihan

Ragam kanal daring telah tersedia untuk mempermudah masyarakat dalam membayar tagihan rumah tangga. Jika dulu masyarakat perlu membayar tagihan listrik secara offline, kini tanpa repot-repot datang ke PLN, dengan sekali sentuh semua tagihan terbayarkan.

Tidak hanya listrik PLN, konsumen pun bisa membeli pulsa, bayar angsuran kartu kredit, paket data, pembayaran BPJS, air PDAM, Telkom, gas PGN, pajak, TV kabel, dan lain-lain. Pilihan pembayaran tagihannya pun sangat beragam. Kamu bisa membayar melalui bank transfer,kartu kredit, hingga gerai retail seperti minimarket.

Umumnya fitur pembayaran tagihan ini berada di halaman utama toko daring. Kamu hanya cukup memasukkan nomor handphone (jika mau membeli pulsa), nomor token tagihan, atau nomor anggota saat melakukan pembayaran. Mudah, kan?

Instrumen Investasi

Sebagai kaum milenial yang tumbuh beriringan dengan dunia digital, kini investasi juga sudah semudah sentuhan di layar kaca. Meski kamu baru seorang first jobber dengan tabungan pas-pasan, kamu sudah bisa berinvestasi kecil-kecilan melalui instrumen yang ditawarkan di toko daring, lho.

Salah satu instrumen investasi yang paling populer adalah Reksa dana. Reksa dana merupakan salah satu pilihan investasi terbaik bagi kamu yang bermodal kecil. Instrumen ini bisa memberikan keuntungan yang cukup besar, karena indikasinya bunganya mencapai 20%.

Selain itu, reksa dana juga bsa dicairkan sewaktu-waktu. Pembelian dan penjualan unit reksa dana dapat kamu lakukan kapan saja setiap hari kerja. Pencairan dana penjualan akan kembali masuk ke rekening kamu. Cepat dan aman, kan?

Kemudahan lain yang kamu dapatkan dari reksa dana adalah kamu tidak perlu mendatangi bank secara langsung. Prosesnya pun semudah belanja daring, kamu cukup mengisi data yang diperlukan dan memilih produk reksa dana yang diinginkan. Setelah memilih produk reksa dana, kamu cukup mentransfer sejumlah uang yang akan kamu investasikan ke nomor rekening resmi yang ditunjukkan

Investasi reksa dana ini bisa kamu dapatkan dari fitur BukaReksa-nya Bukalapak. Kamu bisa melihat panduan investasi reksa dananya di halaman Bukalapak. Tenang saja, fitur BukaReksa ini diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia sehingga terjamin keamanannya.

Tiket Perjalanan dan Wisata

Tidak hanya menjual produk dan barang-barang rumah tangga, kini hamper semua toko daring memiliki fitur tambahan untuk membeli tiket perjalanan. Kamu bisa membeli tiket pesawat atau tiket kereta melalui e-commerce kesayanganmu.

Lagi-lagi, fitur tiket perjalananan ini bisa kamu temukan di halaman utama toko daring yang kamu tuju.

Selain tiket perjalanan, kamu juga bisa membeli tiket wisata dan liburan. Pilihan wisata ini terdiri dari asuransi perjalanan, paket wisata acara-acara festival tertentu, hingga paket wisata ke luar negeri. Kamu bisa menemukan pilihan paket liburan tersebut di Bobobobo.com.

Terdapat paket wisata Open Trips, paket wisata untuk bulan madu, pemesanan hotel, hingga tiket-tiket untuk memasuki tempat wisata (seperti Tokyo Disneyland atau Universal Studio).

Produk Voucher

Kabar gembira untuk kamu yang doyan bermain game atau ingin membeli album digital artis kesayanganmu di iTunes. Meski kamu nggak punya kartu kredit, kamu bisa membeli voucher game, Google Playstore, dan iTunes melalui toko daring.

Isi voucher game atau beli “cash in game” lebih mudah melalui e-commerce. Tersedia beragam pilihan voucher untuk game online populer di Indonesia seperti voucher Steam Wallet, Garena, Gemscool, Mobile Legends, Ragnarok, Point Blank, MOL Points, RF Online, Battlenet, Lyto & Gravindo, WaveGame, dan masih banyak lagi.

Selain voucher game, kamu juga bisa membeli aplikasi berbayar Apple dengan membeli iTunes Gift Card. Selain aplikasi, unduh juga music, film, TV show, hingga ebook dengan voucher iTunes tersebut. Hal ini berlaku juga untuk Voucher Google Play.

Caranya juga sama seperti melakukan pembayaran pada umumnya. Kamu bisa membayar dengan cara transfer bank, pembayaran instan seperti BCA KlikPay, Mandiri e-cash, dan akun virtual dari fitur bank yang kamu miliki (BNI Virtual Account, Danamon Virtual Account, dan lain-lain).

Lainnya

Selain produk-produk digital di atas, terdapat juga produk digital lain yang bisa kamu temukan di toko daring kesayangan. Seperti pembayaran Zakat, donasi, tiket konser, retribusi daerah (khusus DKI Jakarta), beli emas, beli iklan, dan lain-lain.

Bukalapak menjadi salah satu toko daring dengan produk digital terlengkap. Selain pembayaran tagihan dan voucher, Bukalapak juga memiliki fitur BukaReksa untuk investasi, BukaMobil untuk membeli mobil seperti online, BukaIklan untuk membeli iklan di Facebook atau Google, BukaPengadaan yakni fitur untuk mencari supplier bisnis, BukaEmas untuk membeli emas, dan lain-lain.

Manfaat Produk Digital bagi Konsumen

Setelah menjelaskan panjang lebar mengenai produk digital apa saja yang tersedia, kini kita berujung pada satu pertanyaan. Apakah manfaat yang dirasakan oleh konsumen Indonesia akan hadirnya produk digital ini?

Manfaat utama yang dirasakan oleh konsumen adalah kepraktisan yang ditawarkan. Kamu tidak perlu repot-repot mendatangi kantor Pos lagi untuk membayar tagihan atau mencari agen PLN yang biasa berhenti di pinggir jalan. Melalui smartphone, kamu sudah bisa membayar tagihan rumah tangga dengan cepat dan tepat waktu.

Selain itu, kamu juga bisa sekali klik saat mencari tiket pesawat atau berencana liburan. Sangat menghemat waktu dan tenaga sehingga kamu bisa lakukan kegiatan lain.

Namun, terdapat juga tantangan yang dihadapi oleh konsumen khususnya pada generasi milenial. Dengan kehadiran produk digital dan pembayaran yang semakin mudah, konsumen cenderung menjadi lebih boros dan impulsif. Selain itu, tingkat literasi keuangan yang masih rendah di Indonesia juga menjadi potensi konsumen terkena scam atau tipuan secara daring.

Untuk mencegah penipuan saat membeli produk digital di internet, pastikan kamu memilih toko daring yang terpercaya ya. Jika kamu berencana untuk berinvestasi melalui toko daring, pastikan produk mereka sudah diawasi oleh lembaga pemerintah seperti Otoritas Jasa Keuangan.

Sumber: State of eCommerce Indonesia

Written by Maheswara Parasdya