Okt 062020
 

Membaca merupakan sebuah kegiatan yang bisa memberikan kepuasan tersendiri. Kamu pun bisa belajar bahasa Inggris hanya melalui buku.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk membaca buku setiap hari. Meski begitu, sebenarnya ada juga cara yang bisa kamu lakukan untuk menyempatkan waktu membaca, jika kamu benar-benar serius ingin melakukannya. Penasaran bagaimana caranya ?

Sebenarnya, tanpa kamu sadari, kamu memiliki cukup waktu luang saat kamu bangun dan hendak tidur. Saat itulah, kamu bisa membaca buku.

Tidak perlu membaca buku dengan isi yang terlalu berat. Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris, kamu bisa memilih buku bahasa Inggris yang ringan. Pilih bacaan yang kamu sukai dan sekiranya dapat membuatmu terus membaca hingga selesai. Sisihkan waktu 30 menit untuk membaca buku di pagi atau malam hari.

Mulai dari bacaan ringan

Jangan memaksakan diri untuk membaca bacaan yang terlalu berat jika kamu baru memulai belajar bahasa Inggris lewat buku. Mulailah dari bacaan yang ringan dan mudah dimengerti. Jika kamu ingin membaca novel berbahasa Inggris, coba untuk membaca satu chapter terlebih dahulu.

Selain itu, jika kamu membaca surat kabar atau majalah dalam bahasa Inggris kamu cukup membaca dua artikel saja. Dengan begitu, kamu perlahan akan terbiasa membaca. Jika sudah demikian, kamu boleh meningkatkan jumlah bacaanmu. Misalnya, membaca dua chapter sekaligus.

Tentukan target membaca

Salah satu tips membaca buku bahasa Inggris adalah target. Dengan target yang sudah kamu tentukan, kamu lebih termotivasi untuk memenuhi target tersebut. Misalnya, targetkan waktu sebanyak satu jam dalam sehari untuk membaca. Kamu bisa membagi satu jam untuk beberapa kali membaca. Misalnya, 30 menit saat bangun tidur, dan 30 menit sebelum tidur.

Lalu, tentukan target berapa buku yang akan kamu baca dalam waktu satu minggu. Misalnya, kamu menargetkan untuk menyelesaikan dua buku dalam kurun waktu satu minggu. Target membuatmu lebih giat dan bersemangat untuk membaca.

Jangan lupa pasang alarm

Pasang pengingat setiap hari. Apalagi jika kamu baru memulai rutinitas ini. Pasalnya, bisa saja kamu lupa dan melewatkan waktu untuk membaca begitu saja. Maka dari itu, memasang alarm itu penting untuk menjaga rutinitas membaca setiap hari.

Jika kamu sudah terbiasa, kamu boleh menghentikan penggunaan alarm sebagai pengingat. Pasang alarm di waktu yang sudah kamu tentukan setiap hari untuk membaca. Dengan begitu, kamu juga akan berusaha untuk meluangkan waktu.

baca: jual saldo paypal

Pastikan untuk membawa bacaan ke mana pun kamu pergi

Cobalah untuk selalu membawa buku atau majalah yang bisa kamu baca. Misalnya, membawa novel dalam bahasa Inggris, atau surat kabar dalam bahasa Inggris.

Meskipun kamu lupa membawa buku atau majalah, kamu pun masih bisa membaca melalui smartphone yang tentunya akan selalu kamu bawa kemanapun kamu pergi. Sisihkan waktu 20-30 menit di sela-sela kesibukanmu untuk membaca. Kamu bisa membaca buku bahasa Inggris saat istirahat, makan siang, atau saat sedang menunggu diruang tunggu. Pastikan kamu selalu memanfaatkan waktu luang mu dengan baik untuk membaca.

Sorry, the comment form is closed at this time.