Mei 012020
 

Screenshot_8.png

Cuaca yang sangat panas, ditambah lagi dengan paparan cahaya matahari yang sangat terik memang dapat membuat Anda mau beristirahat di ruangnya yang dingin.

Akan tetapi bagaimana jika AC atau Air Conditioner di kamar Anda malahan tidak dingin, padahal sudah secara rutin Anda bersihkan serta di jaga? Mari cari tahu penyebab serta cara memperbaiki perangkat AC tidak dingin di bawah ini.

  • Kapasitas pendingin AC tidak cocok dengan lebar dalam ruangan

Ternyata kapasitas pendingin AC banyak macamnya. Jika Anda punya ruangan berukuran 3 x 3 m2, maka sangat dianjurkan untuk memakai AC berdaya setengah PK. Sementara itu jika ukuran ruangan kamar Anda sekitar 6 x 6 m2, Anda lebih dianjurkan untuk menggunakan AC berdaya 2PK.

  • Perhatikan dari kondisi ruangan

Kondisi ruangan juga dapat membuat AC Anda tidak dingin meski telah dirawat secara rutin dengan baik.

Jika ruangan tempat AC dipasang sering terserang paparan sinar matahari langsung, atau pun terbuat dari tembok campuran semen dan pasir, maka ruangan akan jadi lebih panas sehingga berpengaruh di kinerja AC Anda.

 Apabila ternyata ruangan Anda tidak mendukung AC untuk memperoleh hasil yang terbaik, maka coba untuk turunkan suhu ACnya, atau pun dengan mengganti AC Anda dengan kapasitas pendingin yang lebih tinggi lagi.

  • Tempat menaruh mesin AC di ruangan sempit

Mesin AC biasanya ditaruh di luar ruangan. Tapi, jika Anda meletakan mesin AC tersebut di ruangan outdoor yang sempit, maka kompresor AC akan jadi gampang sekali panas dan rusak.

Hal ini pastinya akan sangat mengganggu kinerja AC Anda sehingga akan memicu AC menjadi tidak dingin. Solusinya yaitu dengan menaruh mesin AC di luar ruangan terbuka dan memastikan punya jarak minimal 60 cm dari tembok atau dinding di setiap sisinya.

  • Kemungkinan kontrol remote AC kurang pas

Salah satu penyebab AC di kamar Anda tidak dingin dan sudah dirawat lebih sering yaitu dari pengaturan remote AC itu sendiri. Jika Anda salah dalam mengatur jenis modenya, maka udara yang keluar dari AC Anda justru tidak dingin.

Nah, untuk mengatasi masalah ini Anda wajib mengatur mode pada remote AC pada mode auto atau pun cool. Sehingga hembusan udara sejuk akan jadi lebih kencang dari yang tadi. Selain itu, Anda juga bisa atur fan atau kipas AC Anda pada level paling tinggi agar hembusan anginnya jadi lebih kencang lagi.

  • Adanya tegangan listrik yang kurang stabil

Penyebab terakhir dari AC di kamar atau ruangan di rumah Anda tidak dingin meksipun sering dirawat atau dicuci yaitu tegangan listrik yang tidak stabil. AC sendiri punya tegangan yang lebih besar dari peralatan elektronik lainnya.

Sehingga tegangan listrik yang tidak stabil ini dapat mempengaruhi kinerja AC Anda. Tapi Anda tak perlu mencemaskan hal itu, karena Anda tinggal menunggu tegangan listrik normal kembali, maka secara otomatis AC akan kembali terasa.

Itulah tadi beberapa penyebab AC tidak dingin meskipun sudah sering dirawat, kira-kira yang mana yang sering Anda rasakan? Jika semua solusi di atas sudah dicoba tapi AC Anda masih tetap tidak dingin, mungkin itu artinya Anda perlu beli AC yang baru.

sumber: http://95.111.225.163/

Sorry, the comment form is closed at this time.