Apr 012020
 

Hub dan Switch adalah sebuah komponen atau perangkat yang saling berkaitan pada jaringan dari satu komputer ke komputer lainnya. Kebanyakan orang beranggapan bahwa Hub dan Switch merupakan perangkat memiliki tugas yang sama. Namun kenyataannya, Hub dan Switch merupakan dua perangkat yang berbeda baik dari pengertian dan fungsinya.

Jika dilihat sekilas Hub dan Switch ini terlihat sama dan juga memiliki fungsi yang juga hampir mirip. Tapi, perangkat yang juga dikenal dengan nama Network Hub ini memiliki fungsi yang tidak sama dari Switch. Hub adalah perangkat keras yang berfungsi untuk dikatikan pada satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu jaringan, yaitu pada jaringan LAN.

Sedangkan port yang diberikan Hub biasanya jenis post ethernet. Dan biasanya dipakai oleh perkantoran. Hub punya sekitar 3 jenis, diantaranya :

  1. Active Hub, bertujuan untuk menerima data dari perangkat yang terhubung dan memperkuat keamanan untuk data itu untuk lalu dikirimkan kembali ke perangkat lain yang juga terhubung.
  2. Passive Hub, bertujuan untuk menerima dan mengirim data ke perangkat yang terhubung satu sama lain.
  3. Intelligent Hub, adalah Hub yang dapat mengatur dan memeriksa arus pergerakan data yang terjadi dalam jaringan hub.

Sedangkan Swicth adalah perangkat yang menghubungkan informasi dari satu komputer lainnya dengan lebih detail. Dapat diartikan, Switch merupakan jembatan yang menghubungkan data dengan memakai alamat MAC Address. Switch bekerja dalam dua OSI (Open System Interconnection), yaitu switch layer dua yang memproses data ke data ling serta layer tiga, yang memproses data ke jaringan.

Itu saja mengenai perbedaan Hub dan Switch dari segi pengertian. Hub berfungsi dan dimanfaatkan untuk mengkaitkan satu perangkat ke perangkat lainnya. Sedangkan, Switch dipakai dalam pertukaran informasi antara perangkat tertentu yang diberi akses. Switch juga berfungsi dalam analisa data, sebelum kemudian dikirim ke perangkat lainnya yang juga terhubung. Lalu, apa beda dari fungsi Hub dan Switch secara lebih mendalam?

Seperti dijelaskan diatas tadi, Hub dan Switch yang sekilas terlihat hampir mirip, namun terdapat perbedaan yang cukup menarik. Bahkan terdapat banyak perbedaan dari dua perangkat itu.

  • Perbedaan Dari Kecepatan Transfer Data

Hub adalah perangkat yang punya kecepatan hingga 100 Mbps. Sedangkan Switch memiliki kecepatan yang biasanya berada di atas 100 Mbps, bahkan mencapai 1 Gbps. Switch punya kecepatan lebih dari Hub, sebab proses dalam pengiriman data yang langsung ke tujuan. Sementara Hub, pengiriman data dibagi kedalam beberapa port. Selain itu, Hub punya kecepatan yang dibagi-bagi sesuai perangkat yang saling terhubung.

  • Perbedaan Dari Sistem OSI Layer

Open System Interconnection yang dikenal dengan sebutan OSI, merupakan teknologi penghubung jaringan pada komputer dalam bentuk konseptual sebagai pengertian standar koneksi. Hub pada sistem OSI layer memakai teknologi koneksi OSI layer pertama atau Physical Layer. Physical Layer hanya bisa mengirim data dari pengirim ke penerima. Sedangkan OSI Layer yang dipakai  Switch menggunakan OSI Layer kedua. Dengan demikian, kamu dapat memakai Media Acces Control (MAC) dan Layer Logical Link Control (LLC) untuk mengirim data.

  • Perbedaan Dari Sistem Keamanan Menurut OSI

Jika dilihat pada model OSI yang dipakai, sistem keamanan yang digunakan Switch lebih terjamin. OSI yang digunakan Switch ini adalah dari OSI layer kedua yang dapat memeriksa kesalahan yang mungkin terjadi serta membungkus bit dalam bentuk frame. Sedangkan Hub justru tidak punya sistem keamanan. Sebab, proses transfer https://188spesial.com/  data dikirimkan secara langsung ke perangkat yang terkait.

Sorry, the comment form is closed at this time.