Nov 272019
 

Dalam mendukung sistem dalam belajar mengajar perlu adanya satu acuan untuk mendapat hasil yang terbaik, salah satunya dengan menggunakan buku panduan atau buku paket. Untuk supaya kalian tidak salah membeli maka perlu adanya sebuah pemahaman menganai buku yang akan kalian pakai. Dalam pembahasan singkat kali ini saya akan membahas seputar apa saja yang harus ada dalam buku paket smp:

  • Syarat Relevan Dengan Kurikulum

Buku paket yang baik memang perlu sesuai dengan perkembangan kurikulum yang sudah diterapkan oleh Kementrian Pendidikan. Sebab kalau buku paket tidak memenuhi kriteria kurikulu yang telah berlaku sama saja mendapatkan buku lama yang masih dalam kemasan. Anda sebagai orang tua mesti sadar betul mengenai kurikulum apa yang sekarang sedang diterapkan untuk buah hati anda di sekolah.

  • Syarat Menumbuhkan Motivasi Siswa

Buku paket pelajaran juga perlu bisa menjadi pemicu motiasi siswa dalam belajar. Anda sebagai guru mesti tau betul karakter siswa anda dengan buku paket apa dari penerbit mana yang cocok untuk diajarkan pada murid anda. Motivasi yag dimaksud adalah dapat penciptaan kondisi yang ideal sehingga seseorang ingin, mau, gampang mengerjakan sesuatu.

Buku ajar yang baik adalah buku yang mampu menjadikan siswa dan pembelajar seperti guru dan orang tua siswa supaya bisa menstimulasi siswanya untuk mengerjakan, mempelajari, dan memahami apa yang diinstruksikan dalam buku paket mata pelejaran trsebut.

  • Syarat Dapat Dipahami Siswa

Pemahaman perlu didahului oleh komunikasi yang tepat, faktor utama yang berperan adalah bahasa. Bahasa buku ajar sebaiknya sesuai dengan bahasa siswa, kalimat efektif, terhindar dari makna ambigu, sopan, menarik, dan juga tidak membosankan.

Hal ini perlu diterapkan sebab terkadang ada siswa yang memang rajin membeli buku paket baik yang disarankan guru atau atas kemauan sendiri, tapi tidak pernah dipelajari, dibaca pun tidak.

Oleh sebab itu, buku paket mesti terdapat bahasa-bahasa yang familiar bagi anak didik. Sehingga apa yang mau ditransferkan oleh guru dan apa yang diterima itu sinkron, tidak terjadi salah pemahaman.

  • Syarat Menghargai Perbedaan Individu

Buku paket yang baik dan benar merupakan yang menglobalisasi tanpa membedakan suku, agama, ras, dan sosial budaya yang ada. Sebab hal itu sangat rentan menjadi menyebabkan bakal bagi anak untuk tidak menjadi anak yang memilih-milih dalam berinteraksi dengan lingkungan, baik di sekolah ataupun di luar sekolah.

  • Syarat Ilustratif

Buku paket dengan ilustrasi yang baik, bagus, menarik, dan relevan juga akan memberikan pandangan pada anak didik untuk lebih bisa mengerti isi konten dan instruksi yang dipaparkan dalam buku paket tersebut.

Sehingga hal ini akan memudahkan kinerja pembelajaran guru sebagai centre of teory, tapi anak didik secara dengan sendirinya bisa memahami pemaparan yang ada dalam buku melalui ilustrasi yang dipaparkan.

  • Syarat Menarik Minat

Buku paket yang dikarang khusus untuk siswa, maka buku paket itu juga perlu memenuhi sasaran pembacanya pada rentang sekolah tingkat apa, SMP, SMA, SD, atau segala segmen sekolah.

Karena penulisan buku ajar atau buku paket universitas swasta terbaik mestilah mempertimbangkan minat para siswa pemakai buku yang dimaksud. Semakin sesuai dengan minat dan segmen siswa, maka semakin tinggi juga ekspektasi buku paket itu dalam menarik minat siswa.

  • Syarat Kejelasan Konsep

Konsep-konsep yang dipakai di dalam buku paket pelajaran haruslah jelas dan mudah dipahami. Adanya penafsiran ganda perlu jauh agar siswa atau pembaca pun mampu mengerti dan menangkap dengan jelasapa yang diterangkan dalam buku paket yang ada.

Sorry, the comment form is closed at this time.