Okt 162019
 

Flashdisk telah menjelma jadi salah satu alat penyimpanan data elektronik yang sangat banyak digunakan oleh pengguna. Ini karena selain gampang dibawa kemana-mana, flashdisk juga adalah alat portable yang dapat dipakai di perangkat laptop atau komputer apapun.

Bentuknya kecil namun dapat menyimpan data yang sangat besar sekalipun, tergantung kapasitas yang dipunyainya. Kapasitas flashdisk memang sangat beragam, mulai dari 4GB, 8GB, 12GB, 16GB dan lain nya.

Tapi meskipun begitu, yang namanya barang teknologi pasti akan merasakan masalah dilain waktu. Untuk flashdisk sendiri masalah yang sering dialami adalah tidak dapat terdeteksi oleh perangkat komputer atau laptop. Untuk masalah seperti ini, cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dapat kamu terapkan di bawah ini.

  • Mengecek driver pada perangkat laptop atau komputer kalian

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi yang pertama ini adalah dengan melakukan pemeriksaan pada driver yang terdapat di perangkat komputer atau laptop. Cara ini dapat diterapkan jika memang port USB perangkat komputermu dalam keadaan baik-baik saja. Perangkat umumnya memang melakukan deteksi secara otomatis, namun harus saja wajib dilakukan secara manual.

Caranya cukup gampang , colokkan terlebih dahulu flashdisk ke port USB laptop atau komputermu. Selanjutnya klik pilihan Start – Control Panel –  pilih Add Hardware atau Add Device. Kelak perangkat akan melakukan scanning terhadap drive atau device yang tadi disambungkan. Jika memang flashdisk dalam kondisi baik, nantinya akan ada di kotak scanning.

  • Coba format pada flashdisk lewat fitur CMD

Jika cara di atas sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil yang diinginkan, cobalah cara berikut ini. Kamu dapat melakukan format pada flashdisk melalui CMD. Menformat berarti menghilangkan semua isi yang ada di dalam flashdisk, jadi pikirkan terlebih dahulu apakah benar mau melakukan cara ini atau tidak. Menformat secara langsung lewat windows explore biasanya tidak cukup ampuh untuk menghilangkan permasalahan seperti ini. Beda dengan menformat lewat CMD yang dinilai sangat ampuh.

  • Mengecek ulang bagian port USB laptop atau komputer kalian

Saat memasukkan flashdisk namun tidak mau terbaca oleh perangkat komputer atau laptop, jangan langsung berpikiran bahwa flashdisk sudah rusak. Bisa jadi post USB di laptop atau komputer mu lah yang ada masalah. Cobalah masukan flashdisk di perangkat komputer lainnya, apakah terbaca atau tidak. Jika memang terbaca berarti masalah terdapat di port USB perangkat kalian.

  • Menggunakan fitur khusus pada Windows

Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca satu ini diterapkan jika flashdisk sudah terdeteksi di perangkat namun isinya tidak keluar. Meskipun telah terdeteksi tapi tetap saja kamu tidak dapat mengaksesnya. Caranya sangat mudah, yakni dengan menggunakan salah satu fitur yang ada di windows.

Untuk langkah-langkahnya dapat dimulai dengan mencolokkan flashdisk ke perangkat komputer atau laptop. Setelah itu, buka windows explore seperti awal. lalu pada driver flashdisk, klik kanan lalu pilih opsi “Properties”. Pada menu windows baru yangtimbul muncul, silahkan kamu klik opsi menu “Tool” yang terdapat di paling atas. Lalu klik pada opsi “Check Now”, nanti akan timbul tampilan pop up baru lagi.

Pada tampilan itu silahkan kamu ceklist kedua opsi pada kotak sampingnya, lalu langsung klik “Start”. Secara otomatis perangkat akan menerapkan proses scanning dan mengatasi permasalahan flashdisk yang tidak terbaca. Setelah proses selesai, cobalah perhatikan di windows explore apakah flashdisk sudah dapat terbaca atau tidak pokergocap.

Di atas tadi merupakan beberapa cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca paling gampangdan ampuh bisa coba kamu lakukan. 

Sorry, the comment form is closed at this time.