Agu 282019
 
Sebuah Kisah Kehidupan yang Sangat Pahit dan Menyakitkan

Sebuah Kisah Kehidupan yang Sangat Pahit dan Menyakitkan

Sebuah Kisah Kehidupan yang Sangat Pahit dan Menyakitkan

Sebuah Kisah Kehidupan yang Sangat Pahit dan Menyakitkan

Lais, merupakan seorang pengusaha kelapa. Lais memiliki kebiasaan memanjat

pohon kelapa saat musim panen tiba. Lais sadar memanjat pohon satu persatu membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang besar. Maka, Lais memiliki ide lain dengan memasang tali antar pohon. Sehingga, Lais dapat meloncat dari satu pohon ke pohon lainnya untuk mengumpulkan kelapa.

Seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan Lais memanjat pohon tersebut menjadi hiburan di masyarakat Kabupaten Garut. Cerita Lais tersebut merupakan awal mula kesenian Lais asal Kabupaten Garut. Cerita tersebut dikemas kembali oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Cimahi dalam sebuah novel sejarah. Novel ini merupakan tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia khusus bagi kelas 12.

Novel yang berjudul Bersama Bapak menceritakan sebuah keluarga kecil.

Bapak ini sendiri merupakan kepala keluarga di keluarga tersebut. Latarnya diceritakan di Kabupaten Garut, karena Lais ini merupakan kesenian yang berasal dari Garut.

Penulis mengambil latar pada tahun 1960 sampai ke tahun 2000. Setiap dekade memiliki ceritanya masing-masing. Dalam novel ini diceritakan bahwa bapak, yang merupakan Lais, itu memiliki konflik dengan istrinya sendiri karena tidak bisa membiayai kehidupan keluarganya. Lais sendiri keuangannya terbatas walaupun ia pengusaha kelapa.

Dalam novel ini, penulis tidak hanya menceritakan sejarah dari Kesenian Lais

, penulis memaparkan cerita perjalanan seorang pegiat kesenian. Bagaimana konflik keluarga yang terjadi akibat kekurangan dana padahal ia adalah pegiat seni yang tenar.***

 

Baca Juga :

 Posted by at 05:53

Sorry, the comment form is closed at this time.