Agu 022019
 

Salah satu wisata pantai yang ada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini punya nama lengkap Wisata pantai pasir putih remen. Karena memang pasir yang ada di sana bukan pasir biasa yang biasanya dipakai untuk bahan bangunan tapi pasir putih. Pantai ini menjadi spesial karena ada danau yang dikelilingi danau sehingga bernuansa pantai alam tepat di tengah hutan.

Pantai ini sangat pas untuk para pecinta wisata alam. Karena kerindangan pepohonan serta danau yang membuatnya terlihat seperti Pantai di Flores, Nusa Tenggara Timur yang terkenal akan kesejukan. Deretan danau yang melengkapi nuansa alami pantai. Tidak hanya dirasakan biru ombak, sejuk pepohonan dan danaunya, pantai ini tentunya disarankan sebagai spot foto keren .

Untuk bisa merasakan keindahan alam Pantai Remen ini tidak terlalu susah. Bagi pengunjung yang datang dari daerah lokal atau Tuban, arah yang wajib diikuti hanya terminal baru lurus ke barat. Searah dengan jalur pantura ke arah Semarang. Dimana saat dari terminal baru akan melewati pusat mangrove lalu lurus terus menuju utara sampai melewati pasar samudra desa jenu.

Setelah lewat dari pasar, belok ke barat dan akan melihat Koramil Jenu. Lanjut hingga menemui persimpangan lalu ambil kanan menyeberangi Pantura ikuti terus hingga pada jalan utama. Sampai di perempatan terdapat Masjid Mubarok lalu belok kanan terus hingga habis lalu belok kiri dan lurus terus sampai pada Desa Remen. Sampai di situ carilah petunjuk jalan yang akan mengarah kalian langsung pada lokasi Pantai Remen.

Untuk pengunjung yang berasal dari arah Semarang bisa mengikuti jalan Pantura Surabaya hingga melewati perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kemudian lurus sampai sampai di Kecamatan Tambakboyo yang akan melewati pelabuhan pabrik holcim di utara. Tetaplah berjalan lurus hingga memasuki kawasan industri. Dari situ lurus terus sampai pada pertigaan yang menuju ke PLTU belok kiri.

Setelah belok kiri tetap lurus sampai melihat pangkalan pertamina. Kemudian kembali lurus terus hingga memasuki area Desa Remen dan tengoklah kanan-kiri untuk melihat papan penunjuak arah. Dianjurkan untuk bertanya pada warga setempat untuk arah yang lebih akurat dan tidak tersesat.

Selain keindahan alam, pantai ini juga memberikanberagam daya tarik. Mulai dari danau alami yang dikelilingi hutan cemara hingga pasir putih. Daya tarik itu menjadikannya berbeda sehingga selalu menjadi spot tujuan para pelancong lokal hingga internasional. Sekilas pantai ini jika dilihat dari atas terlihat seperti pantai-pantai yang ada di Pulau Papua.

Pantai yang sangat disarankan untuk anak-anak muda yang gemar dengan tempat-tempat eksotis. Pasir putih serta deretan pohon mangrove sangat indah, merupakan background yang pas untuk dijadikan foto profil di sosial media. Selain itu, biru ombak laut dan sejumlah kayu dan batu karang yang tergeletak secara alami memperlihatkan Pantai Remen seperti pantai yang belum pernah didatangi.

Fasilitas yang diberikan tidak hanya landscape indahdari pantai, biru ombak, hutan cemara, pasir putih hingga danau namun juga fasilitas umum misalnya saja tempat parkir luas, tempat berteduh yang disediakan pemerintah, mushola, kamar mandi, beberapa rumah makan, penjual makanan dan souvenir dan tim SAR yang akan memberi pengamanan dan peringatan jika ombak tengah tinggi.

Penjual di tempat wisata itu sendiri sebagian besar berasal dari warga sekitar untuk mencari peluang ekonomi sehingga dengan berkunjung ke pantai ini tidak hanya akan melihat pemandangan namun juga membantu ekonomi warga sekitar. Cindera mata yang akan kita lihat pun beragam mulai dari kaos sampai pajangan kerang-kerang laut yang tersebar dan mati terhempas ombak.

sumber: babakbelur.com

Sorry, the comment form is closed at this time.