Jul 052019
 

Karpet adalah salah satu aksesori interior rumah yang sangat populer. Hampir setiap rumah punya karpet, untuk menutup lantai atau sebagai penghias dinding.

Tanpa disadari, karpet mengambil tempat khusus di masyarakat Indonesia. Salah satu buktinya terlihat pada momen-momen tertentu seperti lebaran. Benda yang satu ini, pasti jadi pilihan untuk mendekor rumah.

Memilih karpet untuk mempercantik rumah, bukan sekadar memilih motif yang bagus. Ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui pada saat membeli dan memilih karpet.

  • Kenali Ruangan Tempat Karpet Dipasang

Sama halnya seperti furnitur yang akan diletakkan pada sebuah ruangan, Anda harus mengenali luas ruangan dan fungsinya. Ketahui seberapa besar ruangan, berapa banyak pencahayaan, dan seberapa banyak aktivitas pada ruangan tersebut.

Selain itu, tentukan apakah karpet akan dipasang pada ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur atau di lorong. Dengan lebih mengenal ruangan, maka karpet yang dipilih dapat membuat ruang berfungsi secara maksimal.

  • Mengetahui Warna yang Pas untuk Ruangan

Selain ruangan, Anda perlu mengenali warna dan gaya yang dimiliki karpet. Seringkali Anda membeli karpet karena tertarik dengan motif atau warnanya, tapi tidak semua jenis karpet pas dipasang di setiap ruangan.

Karpet berwarna putih dan berwarna cerah tidak pas dipasang untuk ruangan yang penuh kegiatan, karena cepat kotor dan kusam. Warna-warna seperti ini dapat dipilih untuk membuat ruangan terasa lebih besar, sedangkan karpet dengan warna yang agak gelap akan menciptakan suasana nyaman.

Warna karpet di toko bisa saja tampak berbeda ketika dipasang di rumah, hal ini karena pencahayaan di toko berbeda dengan tempat tinggal Anda. Warna asli karpet akan terlihat, jika dipasang pada ruangan yang banyak cahaya alaminya. Sedangkan di kamar-kamar yang gelap, warna karpet yang terang dapat membuat ruangan lebih ceria.

  • Ketahui Kualitas dan Biaya Karpet

Ada banyak pilihan karpet ketika Anda berada di toko karpet jakarta. Sepintas mereka terlihat sama, namun setiap karpet memiliki kualitas yang berbeda, tergantung dari teknologi dan material pembuatannya.

Berdasarkan pembuatannya, karpet dapat dibedakan menjadi dua: karpet rumbai dan tenun. Karpet rumbai dibuat dengan cara menempelkan material pada lapisan dasar. Jenis ini biasanya bertahan sekitar lima hingga tujuh tahun.

Sesuai namanya, karpet tenun dibuat dengan cara menenun materialnya. Jenis ini dikenal karena usia mereka yang panjang sekitar 20 hingga 30 tahun. Tentu Anda akan membayar lebih mahal untuk kualitas yang lebih tinggi.

 Posted by at 03:09

Sorry, the comment form is closed at this time.