Jul 042019
 
Bibit Buah Naga

Cara Membuat Bibit Buah Naga Dari Biji

Bibit Buah Naga

Bibit Buah Naga

  • Alat dan Bahan

Lahan.Co.ID – Pisau, Fungisida, Polybag, Tanah, Pasir, Pupuk kompos, Sekop mini.

  • Langkah-langkah
  1. Idealnya, induk buah naga harus cukup umur, berbuah, kondisi sehat, dan tumbuh normal. Dan selanjutnya cari tanaman yang mempunyai kualitas terbaik dan berkayu.
  2. Pakailah pisau tajam untuk memotong dahan dengan satu tebasan. Usahakan untuk tidak menggoyangkan pisau karena akan menyebabkan luka sobek. Setelah itu, kumpulkan ranting-ranting buah naga di tempat teduh agar bekas luka sedikit mengering.
  3. Sesudah berangkat selama 1-2 jam, Anda bisa merendam cabang-cabang buah naga dengan fungisida. Tujuannya agar bekas luka tidak akan ditumbuhi jamur yang dapat menyebabkan cabang buah naga membusuk. Proses pewarnaan ini bisa dilakukan selama 5-10 menit.
  4. Sambil menunggu ranting buah naga direndam, Anda bisa menyiapkan media tanam. Tanaman buah naga cenderung menyukai struktur media tanam yang agak berpasir. Oleh karena itu, Anda dapat membuat media tanam dari campuran tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 2: 1: 1.
  5. Tempat penanaman dalam proses pembuatan biji buah naga harus memakai polybag sehingga biaya produksinya lebih murah. Pastikan polybag yang digunakan memiliki lubang kecil di bagian bawahnya sebagai saluran irigasi. Masukkan media tanam yang telah diolah menjadi polybag hingga penuh. Hindari memadatkan media tanam karena buah naga lebih menyukai kondisi tanah yang rapuh.
  6. Cabang buah naga yang telah direndam dalam fungisida cair kemudian ditanamkan ke dalam masing-masing polibag. Caranya, buat lubang tanam dengan kedalaman mulai dari 10-15 cm dan diameter untuk menyesuaikan cabang-cabang tanaman. Masukkan cabang buah naga ini ke lubang tanam, lalu kubur kembali dengan tanah. Pastikan posisi cabang tanaman ini berdiri tegak atau tidak miring.
  7. Tempatkan polybag pembibitan ini di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari langsung dan hindari curah hujan tinggi. Pembibitan dilakukan dengan menyiraminya setiap 3 hari atau media tanam dalam kondisi terlalu kering. Sama seperti tanaman kaktus lainnya, kondisi tanah yang lembab sebenarnya membuat batang tanaman ini membusuk.
  8. Biji buah naga yang telah dibuat adalah 2-3 cabang baru yang tumbuh. Dalam kondisi ini, tanaman buah naga siap dipindahkan untuk membuka lahan untuk menjalani tahap selanjutnya dari proses budidaya.

Sumber : Cara Menanam Buah Naga

 Posted by at 17:44

Sorry, the comment form is closed at this time.