Apr 102019
 

Huruf timbul nampaknya kini merupakan sebuah reklame yang fungsi dan manfaatnya sudah pasti anda hafal betul. Apalagi jika anda telah menyimak kumpulan artikel seputar produk tersebut. Sekilas kami akan kembali membahas ingatan anda bahwa produk tersebut berguna untuk menampilkan sebuah teks khususnya nama perusahaan untuk kemudian dipasang pada posisi yang strategis sehingga mampu menarik perhatian banyak orang.

Alhasil calon pelanggan pun terpikat dan menghampiri gedung perusahaan tersebut sebagai konsumen. Sebagai benda yang wujudnya tiga dimensi, huruf timbul dibuat dari bahan-bahan tertentu yang dapat dibentuk untuk menghasilkan bangun ruang dari huruf dengan tipofrafi khusus yang dibutuhkan.

Ada pun bahan pembuatan yang lazim dipakai antara lain adalah Akrilik, Galvanis,Stainless Steel, Kuningan, dan sebagainya. Nah, sesuai judul dari artikel ini, kali ini artikel kami akan fokus membahas tentang salah satu produk dan jenis dari huruf timbul yaitu huruf timbul kuningan.

Untuk memulai pembahasannya mari kita ulas terlebih dulu bahan kuningan itu sendiri.

Mengenal Bahan Kuningan

Sesuai dengan istilahnya, bahan ini punya ciri khas berupa warna kekunigan. Bahan kuningan sendiri juga sering disebut dengan tembaga. Termasuk dalam kategori logam, warna kuning dari tembaga yang berkulitas hampir mirip dengan warna emas. Namun jika diperhatikan tetap saja ada perbedaan. Warna kuning tembaga umumnya agak kecokelatan, berbeda dibandingkan logam emas yang warna kuningnya relatif lebih jernih.

Dalam kehidupan sehari-hari material ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari pembuatan gerabah sampai dengan media penghantar lisrik atau kabel. Tentu tak ketinggalan teks 3D pun bisa dihasilkan dari bahan ini.

Kuningan merupakan logam yang kuat dan tidak akan bekarat seperti besi. Meski pun harus diakui bahwa pada tingkat kelembaban tertentu boleh jadi permukaan kuningan mengalami degradasi warna. Biasanya akan muncul bercak-bercak agak kehijauan. Tapi kendala ini bisa mudah diatasi dengan membersihkannya memakai cairan pengkilap logam.

Pembuatan Huruf Timbul Dari Kuningan

Untuk membuat sebuah huruf berwujud tiga dimensi, bahan kuningan yang sering di pakai adalah yang sudah berwujud lembaran. Jadi dalam prosesnya disini bukan mencetak bentuk huruf dari bahan tembaga cair. Ya, dari bahan lempengan tembaga tadi barulah akan membuat jaring-jaring bangun ruang yang membentuk huruf sesuai desain.

Ada pun ketebalan dari plat kuningan yang akan di manfaatkan berukuran 1 milimeter. Ukuran ini dipilih dengan pertimbangan tingkat ketebalan tersebut mudah untuk dibentuk atau baca huruf timbul jakarta.

Sorry, the comment form is closed at this time.