Feb 242019
 

Kimia adalah bidang ilmiah yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari. Selain memasak gula (glukosa), salah satu bahan kimia yang juga digunakan setiap hari adalah garam. Jadi, apa rumus kimia garam? Bagaimana struktur garam kristal? Dan apa reaksi yang dapat terjadi dalam air garam? Mari kita bahas bersama.

kimia

kimia

Rumus Kimia Garam Dapur

Rumus kimia untuk garam adalah NaCl, natrium klorida. Meskipun, pada kenyataannya, garam murni hanya berasal dari rumus clam NaCl dan masih ada banyak pengotor, tetapi kandungan garam biasa setidaknya 97% kristal NaCl. Kristal NaCl ini berwarna putih murni, tetapi kadang-kadang akan sedikit ungu, biru atau coklat karena masih memiliki zat lain dalam kristal.

Memasak garam dengan rumus kimia yang sehat dan baik untuk NaCl bukanlah 100% murni, tetapi garam beryodium (I2). Secara umum, dalam produksi garam, yodium (I2) ditambahkan yang dapat mencegah gondok.

Di mana garam diperoleh?

Jika selama ini Anda hanya berpikir bahwa garam tersebut berasal dari laut, Anda perlu sedikit koreksi dalam informasi ini. Garam dapur, yang rumus kimianya adalah NaCl, diperoleh dari air laut, juga dapat diperoleh dari ekstraksi garam di wilayah pegunungan. Ini karena garam di laut berasal dari mineral di pegunungan yang juga larut dalam air hujan, proses yang saya tulis sebelumnya: Mengapa air laut itu garam?

Garam dapur yang diperoleh dari penambangan di pegunungan biasanya masih memiliki pengotor, dari beberapa senyawa kimia pengotor, NaCl dimurnikan dengan rekristalisasi, mencapai kemurnian 98-99%. Setelah memastikan bahwa zat itu tidak mengandung zat berbahaya, garam siap dipanen.

Pengotor garam 1% ini dalam penambangan membuat rasa garam lebih unik. Inilah alasan mengapa di beberapa negara, garam menjadi produk khas dan bahkan semacam memori. Ini juga ditemukan dalam garam laut, tetapi tidak sebanyak garam gunung bervariasi.

Struktur Garam Dapur NaCl

Salah satu hal penting yang harus dipelajari tentang garam adalah struktur kristal. Berikut ini adalah gambar struktur kristal NaCl:

Semakin murni garam, semakin bersih warna putih gelas, tetapi semakin murni warna garam juga semakin buram sesuai dengan warna pengotornya. Ini karena struktur kristal garam akan berubah jika ada banyak kotoran, sehingga warnanya tidak akan putih bersih lagi.

Reaksi Terhadap Garam Dapur NaCl

NaCl adalah garam yang berasal dari kombinasi senyawa asam kuat dan basa kuat. Oleh karena itu, tergantung pada rumus kimia garam, ada beberapa reaksi yang dapat terjadi, misalnya:

NaCl (diencerkan) + 4H2O = [Na (H2O) 4] (+) + Сl (-) (pada pH 7).

NaCl (padat) + H2SO4 (conc.) = NaHSO4 + HCl ↑ (dengan istilah 50 ° С)

2 NaCl (padat) + H2SO4 (conc.) = Na2SO4 + 2HCl ↑ (mendidih).

NaCl + NaHSO4 = Na2SO4 + HCl (450-800 ° С)

NaCl (pekat) + AgNO2 (jenuh) = NaNO2 + AgCl ↓

NaCl (diencerkan) + AgNO3 = NaNO3 + AgCl4.

NaCl (pekat) + H2O + NH3 + CO2 = NaHCO3 ↓ + NH4Cl.

NaCl + AlCl3 = Na [AlCl4] (hingga 300 ° C)

2 NaCl (cair) → Elektrolisis → 2Na (katoda) + Cr2 ↑ (anoda).

2 NaCl + 2H2O → Elektrolisis → H2 ↑ (katoda) + Cl2 ↑ (anoda) + 2NaOH

Reaksi 9 dan 10 adalah proses yang sangat penting dan dipelajari dalam rekayasa kimia, karena mereka adalah basis utama untuk produksi gas klor dan NaOH (natrium hidroksida) yang penting dalam industri kimia.

Itulah pembahasan lengkap tentang rumus kimia garam dapur dan contohnya, semoga bermanfaat

Sumber : rumus

 

Sorry, the comment form is closed at this time.