Feb 242019
 

Salah satu molekul yang kita temukan setiap hari adalah glukosa. Mungkin Anda sering mendengarnya di iklan televisi atau membacanya dalam kemasan makanan. Kali ini kita akan membahas Rumus Kimia Glukosa dan Fakta Menariknya. Datang dan lihat di bawah ini:

Pengertian Glukosa

Kata glukosa berasal dari bahasa Yunani “gliko”, yang berarti “manis”, yang dianggap sebagai jus anggur untuk membuat anggur. Kata ini digunakan oleh para ilmuwan dengan imbuhan -ose yang menunjukkan kelompok karbohidrat.

Ilustrasi kandungan glukosa dalam darah.

Ilustrasi kandungan glukosa dalam darah.

Rumus Kimia Glukosa

Rumus kimia untuk molekul glukosa adalah C6H12O6. Atau H- (C = O) – (CHOH) 5 – H. Sedangkan rumus empiris (rumus sederhana) adalah CH2O. Yang menjelaskan informasi bahwa ada dua atom hidrogen untuk setiap atom karbon dan oksigen.

Glukosa adalah molekul yang diproduksi oleh tanaman dalam proses fotosintesis. Kemudian glukosa ini juga menjadi energi untuk kehidupan hewan dan manusia.

Struktur Glukosa

Berikut ini adalah gambaran umum rumus struktur glukosa dalam proyeksi Fischer (2 dimensi) :

Kedua representasi tersebut sebenarnya sama, hanya bentuk cincin (ring) yang lebih stabil dan sering ditemukan sedangkan formasi lurus (straight) adalah analisis rantai utama glukosa.

Reaksi pembentukan glukosa

 

Seperti yang Anda ketahui, proses pembentukan glukosa terjadi dalam fotosintesis, dengan bahan dasar karbon dioksida dan air. Berikut ini adalah reaksi kimia yang terjadi dalam proses:

6CO2 + 6H2OC6H12O6 + 6O2

Fakta tentang glukosa

Belajar tentang glukosa sangat penting bagi para ilmuwan karena itu adalah molekul penting yang menopang kehidupan makhluk hidup. Glukosa ditemukan di hampir semua produk makanan, minuman beraroma dan juga dapat ditemukan pada makhluk hidup. Untuk ini, saya akan menyajikan beberapa fakta menarik tentang glukosa:

Glukosa memberikan energi setidaknya 3,75 kkal / gram dalam tubuh manusia. Sehingga tubuh kita membutuhkan setidaknya 600 gram glukosa per hari untuk aktivitas normal.

Glukosa larut dalam air dan juga dalam asam asetat (cuka), tetapi tidak larut dalam alkohol.

Glukosa dalam bentuk kristal putih dengan massa relatif 180,16 gram / mol dan kepadatan 1,56 gram / cm3

Glukosa dapat membentuk dua konformasi dengan titik didih yang berbeda. Alpha-D-glukosa memiliki titik didih 146 o C. Sedangkan beta-D-glukosa memiliki titik didih 150oC

Itulah penjelasan tentang pengertian, struktur, dan rumus kimia glukosa juga tentang fakta yang menarik tentang glokusa. Semoga bermanfaat…

Sumber : https://rumusrumus.com/

 

Sorry, the comment form is closed at this time.