Jan 012018
 

Apakah anda mengetahui apa itu saham? Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli saham berarti anda telah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Maka dari itu, Anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, pada akhir tahun periode pembukuan perusahaan. Atau bisa juga memiliki pengertian sebagai salah satu instrumen pasar keuangan yang paling popular dan merupakan instrument investasi yang banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik. Saham sama dengan kepemilikan atau dengan nama lainnya “Stock” atau “Share”.

investasi saham

investasi saham

Apa saja sih KEUNGGULAN INVESTASI SAHAM

Gak pakai minimal modal

salah satu kelebihan saham yang tidak dimiliki oleh beberapa instrumen investasi lainnya adalah rendahnya modal minimal yang dibutuhkan untuk memulai investasi. Hanya dengan modal 5 ribu rupiah saja Anda sudah bisa membuka berinvestasi saham, sehingga siapapun bisa berinvestasi di pasar modal.

Bisa dilakukan oleh usia berapa saja

Selain karena modal awal yang rendah, dalam berinvestasi di saham investor juga tidak perlu memiliki pengetahuan finansial akan produk-produk investasi yang mendalam. Karena itu investasi saham cocok untuk semua jenis investor, dari Wiraswasta, Pegawai Negeri, Ibu Rumah Tangga, Pensiunan sampai dengan Pelajar dan Mahasiswa semuanya dapat berinvestasi di saham. Cukup memilih perusahaan yang dipercaya akan bertumbuh dan tidak akan bangkrut, kita Anda sudah bisa memulai investasi saham.

Untuk Investasi biasanya orang akan membeli saham lalu menyimpannya dalam jangka waktu yang lama. Namun lebih populer di bursa, kebanyakan orang membeli dan menjual saham begitu saja hanya untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan selisih harga beli dan jual dari kenaikan harga, atau istilah lainnya disebut dengan trading.

Jika anda bertanya bagaimana caranya membeli berarti anda bertanya apa saja proses yang harus dilakukan ketika ingin membeli saham sebuah perusahaan. Sebelum menjawab ini sedikit dan ingin bercerita mengenai apa dan bagaimana perkembangan investasi bidang ini di Indonesia. Faktanya, ternyata orang yang terjun ke dunia saham di negeri ini masih kurang dari 1% dari total penduduknya. wah, sangat kurang sekali jika dibandingkan dengan banyak negara tetangga yang bahkan sudah ada yang melebihi hingga 5%. Padahal, dibanding dengan reksadana, deposito, investasi emas dan yang lainnya, ternyata saham lah yang paling baik dalam membantu melipatgandakan keuangan dalam waktu singkat dan mudah sebagaimana telah diperaktekkan oleh Warren Buffett yang sukses pernah menjadi orang terkaya di dunia, atau sebut saja pak Lo Keng Hong yang dari Indonesia yang juga berhasil meningkatkan jumlah kekayaannya hingga 6000% (enam ribu persen) dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Investasi saham adalah salah satu pilihan untuk berinvestasi yang memiliki banyak keuntungan dibandingkan investasi di bidang lain. Mulai dari kemudahan, kepraktisan, dan imbal hasil yang cukup tinggi. Sekarang berinvestasi saham sangat mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan secara online. Kita bisa membeli saham secara online melalui internet, di rumah, di mana pun asal terhubung dengan internet.

Sorry, the comment form is closed at this time.