Des 202017
 

Kematangan otak setiap anak berbeda – beda. Selain dari faktor genetik dan nutrisi, stimulus dari lingkungan juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan proses biologis ini. Anak yang memiliki kematangan otak tinggi akan lebih siap mempelajari hal – hal kompleks disekitarnya. Maka tidak heran jika anak dengan otak yang lebih matang biasanya menjadi juara kelas atau sangat cepat belajar suatu konsep dibanding lainnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua dan guru dalam merangsang kematangan otak anak adalah dengan memberikan alat permainan edukasi seperti Timbangan Geometri. Seperti namanya, mainan ini adalah bentuk sederhana dari timbangan pada umumnya yang terbuat dari kayu atau MDF.

Alat permainan edukasi Timbangan Geometri memberikan kesempatan bagi anak untuk merangsang pola berpikirnya menjadi lebih matang. Mengapa demikian? Karena timbangan ini tidak akan seimbang jika komposisinya salah. Jadi, anak harus memikirkan bagaimana cara membuat bagian kanan dan kirinya lebih seimbang. Melalui rangsangan visual tersebut, otak kanan dan kiri anak akan berkoordinasi lebih sering dibanding jika tidak diberikan stimulus. Jadi, kemungkinan anak lebih cepat memproses kematangan otaknya akan dapat terjadi. Harga setiap paket Timbangan Geometri yang diproduksi oleh PT. Mustika Cendekia Negeri ini adalah Rp 115.000,00. Tentunya harga tersebut sangat terjangkau jika dilihat dari nilai fungsionalnya  yang kompleks.

Alat permainan edukasi lainnya  yang juga bisa menstimulus kematangan otak anak adalah Miniatur Peternakan. Produk yang dijual dengan harga Rp 295.000,00 ini akan meningkatkan pemahaman anak tentang suasana di suatu tempat seperti peternakan. Bahwa di sana ada berbagai macam bangunan seperti kandang hewan yang berbeda – beda, ruangan besar, kecil, menara, dan lapangan terbuka. Anak bisa mempelajari fungsi masing – masing tempat dan hubungannya dengan hewan – hewan yang ada di peternakan. Dengan demikian, prose mempelajari sebab akibat pada anak akan bisa berlangsung secara bertahap. Orangtuan dan guru bisa membantu anak memahami konsep ini dengan menghubungkan cerita – cerita atau pengalaman relevan yang pernah dialami bersama.

Dalam satu paket alat permainan edukasi Miniatur Peternakan terdapat beberapa bagian penting seperti 2 kandang besar dan kecil, 1 menara, 10 hewan, 1 pohon, dan 1 tempat makanan hewan. Saat memperkenalkan nama hewan, orangtua atau guru juga bisa mengintegrasikannya ke dalam cerita dongeng. Jadi, akan ada 2 proses pembelajaran yang berbeda tetapi mudah ditangkap oleh anak. Pembelajaran lingkungan alam sekitar tentang peternakan dan sifat – sifat baik yang bisa ditiru dari fabel akan membuat anak bisa membangun suatu pemikiran kompleks. Selain itu, tempat – tempat yang berbeda ukuran serta fungsi juga bisa digunakan untuk merangsang kematangan daya berpikir anak secara kompleks terhadap hal – hal heterogen di sekitarnya.

Sorry, the comment form is closed at this time.