Des 162017
 

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat islam dan sebagai tempat dakwah, tempat yang sangat mulia oleh sebab itu Allah SWT memberikan perhatian khusus bagi masjid. Umat islam juga sebaiknya memuliakan masjid dengan berbagai cara. Tidak perlu dengan cara-cara yang sulit, cukup dengan membuat masjid menjadi tempat ibadah yang nyaman dan juga indah sehingga mampu menarik umat islam untuk beribadah dimasjid. Menyisihkan sebagian uang kita untuk membangun masjid dan membuatnya lebih nyaman serta indah. Salah satu cara memperindah masjid adalah dengan menambahkan ornamen masjid.

Ornamen masjid atau hiasan masjid merupakan dekorasi yang ada didalam maupun luar bangunan masjid. Masjid yang ada didaerah masing-masing tentunya akan menjadi ikon dari daerah tersebut, seperti masjid kubah emas yang ada di Depok, Jawa Barat. Maka selain sebagai salah satu cara memuliakan masjid, memperindah masjid juga menjadi salah satu cara membuat daerah tersebut dikenal masyarakat luas. Hiasan pada masjid menjadi salah satu elemen yang tidak dapat ditinggalkan jika ingin membangun sebuah masjid. Pasti ada hiasan yang terdapat disisi luar masjid dan atau sisi dalam masjid.

Karena islam melarang gambar berbentuk manusia dan hewan pada masjid yang nantinya ditakutkan akan mengarah kepada penyembahan berhala pada objek hewan dan manusia tersebut maka untuk ornamen masjid lebih banyak dalam bentuk kaligrafi Al-Qur’an, geometris islami atau ornamen arabesk.

  1. Kaligrafi Al-Qur’an

Merupakan seni tulis tangan indah warisan budaya islam, berisi ayat-ayat Al-Qur’an yang kerap diaplikasikan sebagai hiasan masjid dan sebagai salah satu sarana dalam melestarikan Al-Qur’an.

  1. Geometris Islami

Sangat populer di Indonesia, banyak digunakan untuk menghias dinding, lantai dan bahkan langit-langit masjid. Pola yang digunakan banyak diambil dari seni ornamen zellij Maroko yang banyak memiliki bentuk lingkaran, segitiga, persegi dan juga segi enam.

  1. Arabesk

Berupa gambar maupun ukiran dengan motif tertentu, biasanya motif sulur, daun, cabang ataupun pohon. Hiasan yang ada dimasjid ini berkembang dari budaya pada era bizantium dan sering dikombinasikan dengan kaligrafi.

Sumber: harga karpet masjid

Sorry, the comment form is closed at this time.