Nov 292017
 

Di negara berkembang, usaha multilevel marketing merupakan salah satu bidang usaha yang cukup populer. Usaha MLM cukup dikenal karena menawarkan harapan penghasilan tinggi dengan modal kecil serta dapat diwariskan. Dengan iming-iming tersebut, banyak orang yang pasti tergiur dan pengen mencoba usaha multilevel khususnya kalangan menengah ke bawah. Namun, dengan banyaknya kejadian penipuan berkedok multilevel dan money game, saat ini masyarakat menjadi lebih hati-hati dalam merespon setiap tawaran yang datang. Warga tidak ingin mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti kasus penggelapan uang maupun tindak penipuan lainnya. Kasus-kasus hukum terkait MLM sudah sangat banyak dan menjadikan pegiat usaha MLM harus terus berbenah dan bekerja keras memulihkan citra dan stigma buruk yang didapat. Tidak semua MLM melakukan tindakan yang melawan hukum. Ada wadah dan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan pengawasan yang dilakukan agar usaha jaringan tetap dapat tumbuh dan berkontribusi dalam ekonomi masyarakat.

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih usaha multilevel agar tidak terjerumus dalam tindak penipuan dan money game adalah legalitas dan aturan. Wadah bagi perusahaan multilevel di Indonesia adalah APLI, Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. Semua usaha jaringan dan penjualan langsung harus resmi terdaftar di organisasi tersebut. Selain itu harus ada Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung, SIUPL, yang merupakan legalitas dari pemerintah untuk melakukan usaha distribusi langsung. Selain itu barang atau jasa yang diusahakan harus jelas dan tidak melanggar hukum. Bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, maka sistem multilevel juga perlu disertifikasi apakah halal atau tidak. Ini menjadi dasar dan dapat menimbulkan ketenangan bagi para pegiat dan pelaku bisnis jaringan. Bahwa apa yang diusahakan telah memenuhi prinsip syariah yang halal dan baik.

Terkait kehalalan usaha multilevel tersebut, maka MUI telah mengeluarkan sertifikat halal bagi usaha MLM yang memenuhi kriteria. Daftar panjang kriteria halal dan thoyyib telah ditetapkan oleh para ulama di majelis tertinggi ulama Indonesia tersebut diantaranya produk dan jasa yang nyata halal dan tidak melanggar hukum, bukan money game, adil, tidak ada markup dsb. Kriteria tersebut dibuat sebaik mungkin sebagai usaha ikhtiar ijtihad untuk mendapatkan hasil yang baik. Dari sekian banyak usaha multilevel Indonesia, hanya segelintir yang telah mendapatkan sertifikat halal tersebut. Data yang diperoleh dari situs resmi MUI pada bulan juli 2016, hanya ada lima bisnis jaringan penjualan langsung MLM yang telah mendapat sertifikat halal dari dewan syariah nasional MUI. Perusahaan MLM itu adalah TIENS, K-Link, UFO, NSS dan HNI-HPAI. Semuanya bergerak dalam bidang produk kesehatan.

TIENS, berkantor di Rukan Multiguna 5 Jl. Rajawali Selatan Raya Blok C5 No.2, Jakarta Utara, merupakan unit usaha dari Tiens Group yang bergerak dalam usaha penjualan langsung. TIENS Group sendiri didirikan di China tahun 1995 dan merupakan usaha konglomerasi multi nasional.

Dengan slogan Mitra anda untuk masa depan, K-Link adalah perusahaan jaringan yang terkemuka di Indonesia dan berasal dari Malaysia. Telah berusia 15 tahun, pusat stockisnya berada hampir di semua kota nusantara. Bahkan di pusatnya, Jakarta, MLM ini sudah mempunyai kantor megah yang disebut k-link tower. Kegiatan utamanya bergerak di bidang produk kesehatan. Pengen tau lebih lengkap tentang k-link ? kunjungi web resminya di k-link.co.id

UFO telah berusia 12 tahun dan merupakan salah satu perusahaan jaringan penjualan langsung terbaik Indonesia yang ditandai dg sejumlah award prestisius. UFO BKB syariah telah mendapat sertifikat syariah dari DSN pada saat ulang tahun keenam di Istora Senayan.

HNI HPAI, merupakan perusahaan penjualan langsung Indonesia yang tengah berkembang pesat dan telah mendapat sertifikat syariah DSN MUI. HNI merupakan transformasi dari HPA Indonesia dan telah berdiri sendiri serta mendapatkan award sebagai perusahaan most trusted multilevel 2016. Untuk bergabung menjadi agen baru dapat dilakukan dengan daftar HPAI melalui agen terdekat.

NSS, terdaftar di situs APLI, namun belum banyak informasi yang dapat diperoleh dari google tentang Nusantara Sukses Selalu.

Demikian daftar perusahaan jaringan penjualan langsung yang telah mendapat sertifikat syariah dari DSN MUI berdasarkan data tahun 2016.

Sorry, the comment form is closed at this time.