Nov 162017
 

Jika mendengar istilah bisnis franchise atau waralaba tentu siapa saja akan langsung ngeh dengan maksudnya. Sebab bisnis waralaba ini memang sangat populer di dunia, masyarakat Indonesia pun sudah tidak asing dengan bisnis jenis ini. Sebab pelaku bisnis waralaba tidak perlu mencari produk, bahan baku, sistem kelola keuangan, dan lain sebagainya. Lantaran semua itu sudah dibeli satu paket bernama waralaba tadi sehingga asalkan ada modal maka bisnis yang sudah jadi siap untuk dijalankan.

bisnis franchise

Mengelola bisnis yang sudah jadi, artinya pelaku bisnis terima beres, tentu lebih menguntungkan sebab memberikan efisiensi dari banyak segi. Mulai dari waktu, tenaga, dan tentunya biaya sebab menciptakan produk bisnis dijamin akan melewati masa trial and error sampai bisa berhasil membuat yang sesuai. Waralaba menepis semua resiko error tersebut karena Anda cukup membeli merek dan semua perlengkapan agar bisnis dapat berjalan, tinggal memilih lokasi dan sudah siap melayani konsumen.

Keunggulan Bisnis Waralaba Bagi Pelakunya

Produk waralaba sendiri ragamnya ada banyak, baiknya memilih yang sesuai dengan kebutuhan ataupun melihat pangsa pasar. Sebagian besar waralaba adalah bisnis untuk menjual produk makanan dan minuman, namun ada pula yang dalam bentuk minimarket. Modal yang diperlukan bergantung pada jenis waralaba yang dipilih sehingga perlu penyesuaian secara cerdas untuk menekan semua kemungkinan yang tidak diinginkan. Namun intinya, waralaba bisa dijadikan pilihan yang menarik karena punya banyak keunggulan, seperti:

  1. Hanya bertugas memperluas cakupan bisnis,

Dalam bisnis franchise pada dasarnya modal terbesar dikeluarkan oleh pemilik waralaba tersebut, yakni pencetus atau pencipta mereknya. Pihak mereka akan berusaha mendesain tampilan mulai dari logo sampai jenis lapak yang dibutuhkan. Kemudian melakukan eksperimen untuk menghasilkan produk baru yang laku dan menarik minat pembeli. Anda tinggal membeli lisensi untuk memasarkan produk dan merek mereka sehingga tugas utamanya adalah memperluas cakupan pangsa pasar waralaba tersebut, sehingga kebutuhan modal tidak begitu besar.

  1. Mempercepat perolehan keuntungan bisnis,

Umumnya pihak pembuat merek atau brand bisnis waralaba ini sudah terlebih dahulu memperkenalkan diri ke publik. Ketika Anda memutuskan membeli lisensi waralaba tersebut maka menjual produk dengan brand yang sudah dikenal orang banyak. Kalau dibandingkan dengan bisnis rintisan sendiri, tentu lebih mudah mendapat pelanggan dari brand yang sudah dikenal publik tersebut. Sehingga bisa disimpulkan bahwa bisnis waralaba memungkinkan pelakunya untuk mendapat keuntungan dengan cepat.

  1. Menekan lebih banyak resiko dalam berbisnis,

Dalam berbisnis tentu kental sekali dengan adanya faktor resiko, resiko termudah adalah menelan kerugian. Namun resiko terburuknya adalah pelaku bisnis memutuskan untuk menyudahi perjalanan bisnis tersebut. Alasannya beragam, maka Anda bisa mempertimbangkan keunggulan waralaba yang memang sanggup menekan faktor resiko tersebut. Sebab menjual produk sudah jadi dan kebutuhan modal yang dikeluarkan lebih terbatas, kalaupun rugi kemungkinannya kecil karena pemasarannya sendiri jauh lebih mudah.

  1. Kemudahan tata kelola bisnis tersebut,

Selain menjual produk yang sudah dikenal masyarakat rupanya bisnis waralaba juga memberikan kemudahan dalam sistem tata kelola sampai ke sektor penyediaan bahan baku, keuntungan bisnis, dan lain sebagainya. Keuntungan bisnis ini nantinya akan dibagi dua antara Anda yang membeli lisensi bisnis waralaba dengan pemilik lisensi tersebut. Kalau bisnis waralaba yang dijalankan untung besar maka pendapatan bisnis Anda pun akan mengikuti, maka jangan ragu untuk mencoba peruntungan di bisnis franchise tersebut.

Sorry, the comment form is closed at this time.