Okt 112017
 

Rasanya yang manis dan menyegarkan menjadikan setiap orang menyukai es krim, tak terkecuali anak-anak. Anak kecil yang sudah terbiasa mengkonsumsi es krim membuatnya tak bisa terlepas untuk tidak mengkonsumsinya walau hanya 1 hari saja. Lalu apakah kebiasaan ini baik untuk anak kecil?

Gambar: bolehkah.com

Kandungan gula yang tinggi dan suhu yang dingin dari es krim mampu membuat gigi terkikis. Lama kelamaan rasa sensitif akan muncul hingga membuat lubang membesar yang berakhir hancurnya gigi. Terlebih bagi anak kecil usia batita (bawah tiga tahun) yangmana struktur giginya seperti emailnya yang masih lemah.

Dibalik efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh es krim, sebenarnya ada sisi positifnya yang jauh lebih besar. Misalnya kandungan protein, kalsium, kalori, karbohidrat, dan berbagai mineral penting yang bersumber dari susu mampu memacu pertumbuhan tubuh serta otak anak kecil. Sehingga intelektualitas mereka pun ikut naik.

Dari kedua sisi yang berlawanan tersebut tentunya menimbulkan beberapa pertanyaan penting untuk kita. Bolehkan anak 2 tahun makan es krim? Untuk mengetahuinya, mari kita dalami lebih lanjut hal tersebut.

Bolehkah Anak 2 Tahun Makan Es Krim?

Dibolehkan atau tidaknya anak makan es krim bisa kita lihat dari beberapa poin-poin berikut:

  1. Alergi Terhadap Susu

Banyak anak kecil yang alergi terhadap protein susu. Kulit akan timbul bintik-bintik merah dan biasanya disertai rasa mual. Untuk itu, bila anak anda memiliki tanda-tanda demikian setelah makan es krim, maka patut dikonsultasikan ke dokter.

  1. Jumlah Konsumsi Harian

Walau tak memiliki intoleransi terhadap protein hewani, anak kecil biasanya suka makan berlebihan. Kita sebagai orang tua harus memahami hal ini. Walau mereka akan nangis bila tidak dibelikan es krim, itu lebih baik daripada mengonsumsinya berlebihan. Karena kandungan gula dan lemak yang tinggi mampu memicu penyakit yang serius untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Kandungan Bahan Kimia

Pemanis buatan, pengawet, pewarna makanan dan sebagainya tentunya bukanlah makanan yang pantas diberikan kepada anak kecil. Salah satu dampaknya adalah memicu kanker dalam jangka panjang. Jadi bila ada, pilihlah es krim alami yang tidak memiliki bahan pengawet dan kandungan bahan kimia lainnya.

  1. Kebersihan Didalamnya

Higenis atau tidaknya makanan sangat mempengaruhi kesehatan seseorang, terutama anak kecil yang memiliki daya imun lebih rendah. Salah satu dampak yang sering dirasakan bila mengonsumsi es krim di pinggir jalanan yang terkena debu maupun hewan seperti lalat adalah sakit perut. Jadi pilihlah baik-baik dimana anak kecil harus membeli makanan.

Kesimpulannya, boleh atau tidaknya anak kecil mengonsumsi es krim tidak hanya ditentukan dari satu sisi saja. Keempat hal tersebut harus diperhatikan untuk bisa menentukannya. Sekian pembahasan mengenai bolehkan anak 2 tahun makan es krim, semoga memberikan pemahaman bagi anda selaku orang tua dari anak-anak tersebut.

Sorry, the comment form is closed at this time.