Sep 162017
 

Mendengar kata candi pasti yang langsung terbesit dalam benak masyarakat atau bahkan anda sendiri adalah candi prambanan dan Borobudur, padahal di wilayah jawa tengah masih banyak jenis-jenis candi lainnya yang belum banyak diketahui dan didatangi oleh para wisatawan. Salah satu candi yang ada di klaten, jawa tengah adalah candi plaosan, candi ini merupakan candi Buddha dan memiliki keunikan bangunan yang tak kalah dengan candi-candi terkenal lainnya. Wilayah candi ini sudah terlepas dari daerah Jogja, namun banyak yang menganggap candi ini termasuk wisata Jogja. Untuk menuju ke lokasi, memakan waktu sekitar 2 jam jika anda berangkat dari kota Jogja, meskipun cukup jauh tetapi begitu sampai di kompleks candi anda akan tampak terpukau dengan bangunannya yang kuno, unik dan pastinya instagramable. Bagi anda yang hobi mencari spot foto atau bahasa kerennya hunting foto, maka candi ini tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Bagi anda yang belum pernah sama sekali mengunjungi candi plaosan ini berikut adalah denag candi yang harus anda ketahui sebagai gambaran bagaimana suasana yang ada disana nantinya:

Pada candi utama dihiasi relief-relief yang menggambarkan sosok laki-laki dan perempuan, untuk lebih tepatnya di wilayah candi bagian selatan relief laki-laki dan bagian candi di utara relief perempuan.

Tangga menuju candi utama dilengkai oleh pipi tangga yang berhiaskan kepala naga di bagian pangkal.

Kemudian setiap sudut barisan candi perwara terdapat candi-candi kecil yang dikelilingi dua barisan umpak.

Selanjutnya di setiap sisi pagar batu tepatnya yang mengelilingi candi utama terdapat gerbang gapura paduraksa.

Dinding batu yang mengelilingi candi utama berjumlah 174, terdiri dari 58 candi berukuran kecil, 19 candi yang berbaris di sebelah timur dan 17 candi yang berbaris di depan dua candi utama.

Itulah denah yang ada pada candi plaosan, wilayah candi ini cukup luas sehingga membutuhkan waktu yang agak lama untuk anda dapat mengeksplore seluruh bagian candi sampai selesai, disana juga terdapat beberapa cuplikan sejarah dan informasi dari candi tersebut.

Sorry, the comment form is closed at this time.