Sep 142017
 

Kebiasaan suka menunda tidak hanya sesuatu hal yang harus anda atasi, karena hal itu merupakan sesuatu hal yang harus anda lakukan jika anda ingin sukses. Semua orang akan sukses apabila mengerti dan memahami betapa pentingnya menghilangkan kebiasaan suka menunda-nunda.

Wayne Gretzky adalah salah satu pemain hoki yang paling sukses sepanjang masa. Dia mengatakan “Kebiasaan suka menunda sesuatu merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan sangat mematikan dan disamping itu merupakan jalan tol untuk kesuksesan dan kebahagian.” Singkat cerita, apabila anda ingin mewujudkan cita-cita, alangkah baiknya hidup penuh dengan kebahagian dan kepuasan dan bekerja untuk mengatasinya yang dimulai saat ini juga.

Mengapa kebiasaan menunda sering terjadi ?

Sederhananya, kita menunda-nunda karena ada hal lain yang lebih suka kita lakukan. Setiap saat kita memilih apa yang ingin kita lakukan, dan aktivitas dengan imbalan atau pamrih tertinggi saat ini sering kali muncul. Mungkin meletakkan di sofa, mungkin menghabiskan berjam-jam di Facebook, atau mungkin menyelesaikan tugas yang mendorong kita menuju tujuan kita.

Beberapa orang berpikir bahwa kebiasaan menunda-nunda terjadi karena kemalasan, tapi sebenarnya, kita menunda tugas yang menurut kita harus kita lakukan tapi tidak benar-benar merasa senang melakukan. Karena itu, salah satu alasan terbesar kita menunda tugas adalah karena emosi kita, bukan kemalasan.

Sayangnya, ketika kita menunda-nunda hal-hal yang benar-benar perlu kita selesaikan, akhirnya kita merasa tertekan, yang dengan mudah dapat berdampak negatif pada tujuan kita. Stres itu juga bisa menyebabkan Anda melakukan pekerjaan yang buruk yang perlu dilakukan, mengalahkan diri sendiri, menurunkan harga diri Anda, dan pada akhirnya menyebabkan Anda menyerah pada sasaran Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk mengatasi kebiasaan menunda.

Apakah kebiasaan menunda-nunda yang anda lakukan untuk mencoba mengenal kebiasaan anda sendiri ?

Mungkin bisa dibilang aneh kedengarannya, saya ingin memulai dengan mengatakan bahwa mengenali keinginan untuk menunda-nunda terkadang bisa menjadi hal yang baik untuk tujuan Anda. Ini dapat membantu Anda menghindari membuang-buang waktu pada tujuan yang sebenarnya tidak ingin Anda capai dan, sebaliknya, fokus pada sasaran yang benar-benar akan membuat Anda bahagia.

Misalnya, jika anda menunda-nunda tugas tertentu untuk tujuan pekerjaan tertentu, mungkin ada sesuatu yang lebih terjadi daripada hanya menemukan sesuatu yang lebih baik untuk dilakukan. Intuisi anda mungkin mengatakan bahwa tujuan yang ingin anda capai bukanlah sesuatu yang ingin anda capai.

Bagaimana anda bisa tahu pasti? Caranya adalah benar-benar jujur ​​dengan diri sendiri atau hal ini berpotensi berubah menjadi alasan.

Misalnya, tidak berolahraga setiap hari bisa dengan mudah dilihat sebagai keinginan untuk tidak menjadi lebih sehat, tapi, itu mungkin tidak benar. Di sisi lain, tidak ingin belajar untuk kelas tertentu yang menurut Anda harus Anda ambil, atau menulis posting baru untuk sebuah blog yang menurut Anda mungkin berhasil dengan baik, mungkin menunjukkan bahwa tujuan akhir bukanlah sesuatu yang benar-benar ingin Anda capai.

Jika bukan intuisi anda, Lihatlah rasa ketakutan anda sendiri

Rasa takut dan menunda-nunda berjalan beriringan, tapi jika anda tidak menyadari bahwa anda benar-benar takut, maka anda tidak dapat mengatasi rasa takut untuk mengatasi kebiasaan menunda tersebut. Jadi, penting untuk memutuskan apakah rasa takut adalah alasan anda tidak melakukan apa yang anda tahu yang seharusnya anda lakukan.

Tanyakan pada diri anda dari pertanyaan berikut:

  • Apa aku takut hidupku akan berubah terlalu banyak?
  • Apakah saya takut orang lain akan menghakimi saya?
  • Apa aku takut kalau tidak nyaman?
  • Apakah saya takut bahwa saya akan gagal?

Jika anda berpikir bahwa ketakutan adalah masalahnya, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa yang bisa anda coba.

1. Visualisasikan Tujuan Akhir

Visualisasikan tujuan akhir anda dan kebahagiaan yang akan anda rasakan saat mengalaminya. Bayangkan betapa bangganya anda terhadap diri sendiri dan betapa bangganya orang lain terhadap anda. Rasakan kebahagiaan dan kegembiraan di sekitar pencapaian tujuan anda, dan biarkan emosi positif itu memotivasi anda untuk melangkah lebih jauh ke arahnya.

2. Visualisasikan Diri Anda Mengatasi Ketakutan Anda

Terkadang ketakutan satu tugas bisa mengesampingkan hasil positif, jadi anda harus mengatasi satu tugas itu sebelum anda bisa melangkah maju. Sekali lagi, visualisasi dapat membantu anda melihat sesuatu kedalam sebuah cahaya yang berbeda (dan tentu saja tidak menakutkan bagi anda).

Misalnya, jika sebuah tugas mengharuskan anda untuk berbicara dengan seseorang yang belum pernah anda ajak bicara sebelumnya, dan itu sangat jauh dari zona nyaman anda sehingga menakutkan anda, maka berhentilah memikirkan segala hal yang salah. Sebagai gantinya, visualisasikan percakapan berjalan lancar dan hasilnya menjadi hebat, tidak peduli apa yang terjadi. Biarkan diri anda riles dan merasa baik-baik saja dengan apa pun yang terjadi, dan lihatlah diri anda terus bergerak meski hasilnya.

3. Kenali ketakutan tersebut yang mana seringkali tidak ditemukan

Sering kali kita takut akan sesuatu yang tidak akan pernah terwujud. Kalau dipikir-pikir, tidak ada yang seburuk yang terlihat. Dengan mengingat masa lalu di mana anda telah mengalami pelajaran ini karena takut, anda mungkin bisa melihat potensi suatu pekerjaan yang menakutkan.

Cara menangani keadaan yang seringkali membuat panik dan takut

Terkadang ketakutan sebenarnya bukan pelakunya. Terkadang hal-hal terlalu berlebihan dan menjadi lebih mudah melakukan apa pun daripada melakukan sesuatu sama sekali.

Dalam hal ini seperti yang dikutip dari blog omdimas, anda perlu melihat berapa banyak yang anda miliki di piring anda dan menghapus beberapa pekerjaan yang benar-benar tidak sesuai dengan anda dan arah tujuan anda. Lakukan ini dengan cara mencatat semua yang perlu anda lakukan, dan kemudian menentukan apa yang paling penting untuk menggerakkan anda untuk menuju tujuan hidup anda.

 

Jika anda merasa semua daftar yang anda catat masih terlalu banyak, mungkin sudah waktunya untuk memilih cara lain dengan outsourcing beberapa pekerjaan anda kepada orang lain. Mintalah bantuan orang-orang yang profesional seperti teman atau kerabat bahkan keluarga yang dapat membantu anda mengatasi beberapa pekerjaan yang harus anda lakukan.

Dan juga, anda mungkin dapat mencoba melakukan terlalu banyak sekaligus menuju target anda, jadi dengan menghapus pekerjaan yang banyak menjadi pekerjaan yang lebih kecil, anda akan merasa pekerjaan lebih sedikit dan lebih mungkin dapat mengatasi setiap langkah dengan cepat dan antusias.

Menyelesaikan pekerjaan dengan Tidur

Jika semuanya gagal dan anda masih merasa menunda-nunda sesuatu, inilah saatnya memutuskan bahwa anda ingin menjalani kehidupan setiap hari dengan perasaan. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan apa yang perlu anda lakukan, meskipun anda lebih suka melakukan hal lain.

Tidak ada yang lebih buruk daripada tidur seolah-olah anda tidak memanfaatkan setiap hari anda dengan maksimal. Ingat, anda hanya mendapatkan begitu banyak hari ini untuk melakukan hal-hal yang membuat anda bahagia. anda hanya mendapatkan begitu banyak hari untuk berkontribusi ke dunia ini! Menjaga dengan sederhana penuh kesadaran yang akan membantu anda tetap termotivasi untuk menyelesaikan tugas sehari-hari walau apa pun yang terjadi.

 

Sorry, the comment form is closed at this time.