Jul 062017
 

Nama Raja Ampat memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, dengan keindahan alamnya yang begitu  menakjubkan menjadikanya salah satu destinasi impian para pelancong, tapi tahukah anda? Raja Ampat memiliki fakta-fakta menarik yang mungkin saja belum anda ketahui.

  1. https://www.rajaampatholidays.com/ Ditemukan Oleh Orang Belanda

Raja Ampat- Pada tahun 1990 Raja Ampat ditemukan oleh seorang warga negara asing berkebangsaan belanda bernama Max Ammer, sebenarnya penemuan raja ampat bisa dikatakan “ditemukan secara tidak sengaja” karena pada mulanya dia berkunjung ke daerah tersebut untuk melakukan pencarian terhadap sisa-sisa bangkai pesawat dan kapal laut peninggalan Perang Dunia Ke II. Namun Ketika tiba di Raja Ampat, Max Ammer sangat mengagumi tempat ini karena memiliki kekayaan laut yang luar biasa indah. Di lain waktu dia kembali lagi dan dengan mengajak seseorang Warga Australia bernama Gerry Allen ahli perikanan, untuk melakukan penelitian alam bawah laut Raja Ampat. Semenjak kejadian itu hingga-sekarang Raja Ampat sangat dikenal luas dan termasuk tujuan utama para wisatawan luar maupun lokal untuk menghabiskan waktu liburan.

  1. Asal Nama Raja Ampat

Dikisahkan pada zaman dahulu ada sepasang suami-isteri yang menemukan 6 butir telur Naga di dekat sungai Waikeo. Karena pada saat itu di landa rasa lapar, mereka lantas membawa pulang telur-telur tersebut dengan maksud untuk memakannya. Namun sesampainya di rumah 5 telur itu tiba-tiba menetas, alangkah kagetnya mereka karena  yang keluar dari telur tersebut adalah bayi manusia. Empat berjenis kelamin laki-laki dan satu berjenis kelamin perempuan dan diberi nama masing-masing War, Betani, Dohar, Mohamad, Pinotolee dan satu telur yang tidak menetas diberi nama Kapatnai.

Singkat cerita satu-satunya anak perempuan yaitu Pinotolee kedapatan hamil tanpa pernikahan, sang kakak tentu saja marah mengetahui hal itu, karena merasa malu akhirnya Pinotolee dihanyutkan menggunakan Kulit Kerang dan lalu terdampar di pulau Numfor. Kemudian ke-empat kaka Pinotolee diangkat menjadi Raja di empat Pulau Besar, Dohar menjadi raja di Misool, War di Waigeo, Mohamad di Batanta dan Betani di Salawati.

Hingga pada akhirnya Kawasan tersebut dikuasai masing-masing raja di setiap Pulaunya dan dinamakan Raja Ampat yang Artinya empat raja.

  1. Raja Ampat Mendapat penghargaan dari Mancan Negara

Pada tahun 2015 Juni indonesia mendapatkan sebuah penghargaan The Best Destination Kategori Adventure untuk destinasi wisata Raja Ampat, pada Matka Nordi Travel Fair 2015 di Finlandia. Majalah “Mondo Travel Magazine” sebagai pemberi penghargaan menilai Keindahan alam bawah laut di Raja Ampat adalah yang terbaik didunia.

  1. Salah Satu Tempat Untuk Menyelam Terbaik di Dunia

Bukan tanpa alasan Raja Ampat dikatakan sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyelam. Raja Ampat memiliki Diving Spot dengan keunikan dan keistimewaan masing-masing di setiap spotnya, seperti di Manta Point anda dengan mudahnya akan menjumpai Ikan Manta yang memiliki diameter 9 meter ini berenang kesana kemari di sekitar anda. lalu ada spot menarik lainnya seperti  Mike’S Point, Shark Point dan Sardine Reef. Di Kaboei Bay Rock anda dapat melihat pula terowongan batu karang yang didalamnya terdapat gua-gua yang dihuni oleh kelelawar dan juga yang sedikit menyeramkan adanya sisa-sisa tulang manusia. Dan keistimewaan lainnya rata-rata situs terumbu karang disini  belum pernah atau jarang dijamah manusia sehingga terumbu karang ini masih sangat alam sekali- Raja Ampat.

Sorry, the comment form is closed at this time.