Jul 052017
 

Peluang usaha budidaya ikan air tawar sangatlah prospektif dan menguntungkan. Apalagi tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan terus meningkat. Bahkan tingkat konsumsi ikan perkapita penduduk dunia pada tahun 2021 diperkirakan akan mencapai sekitar 19,6 kg per tahun, seperti dikutip dari laporan Badan Pangan PBB.

Sekarang ini konsumsi masyarakat terhadap ikan memang lebih didominasi jenis ikan laut ketimbang ikan air tawar. Banyak restoran yang menyediakan menu seafood ketimbang ikan gurame atau nila. Namun kondisi inipun diperkirakan akan berubah mulai tahun 2018 dimana produksi ikan air tawar akan jauh lebih banyak dan lebih dibutuhkan. Terlebih penangkapan ikan laut dinilai telah mengalami over produksi sehingga banyak negara yang melakukan pembatasan dalam penangkapan ikan laut.

Sebagai negara yang jumlah penduduknya sangat besar, Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat konsumsi ikan yang teramat besar. Bahkan tingkat konsumsi ikan perkapita masyarakat Indonesia yang saat ini masih rendah akan terus meningkat seiring harga ikan air tawar yang jauh lebih murah ketimbang air laut.

Menurut catatan dari KKP, tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia pada tahun 2011 sebanyak 31,5 kg per tahun. Sementara beberapa negara tetangga memiliki tingkat konsumsi yang jauh lebih banyak. Malaysia misalnya tercatat sebanyak 55,4 kg per tahun! Menariknya, pertumbuhan rata-rata konsumsi ikan orang Malaysia hanya sekitar 1,26 persen per tahun, jauh dibawah Indonesia yang mencapai 5,04 persen per tahun.

Sedangkan dilihat dari segi produksinya, produksi ikan secara nasional tercatat sebanyak 12,39 juta ton pada tahun 2011 dengan perbandingkan hasil produksi hasil budidaya ikan sebanyak 6,98 juta ton dan produksi ikan tangkap sekitar 5,41 juta ton.

Begitu juga dilihat secara lebih detail, untuk produksi perikanan budidaya terdiri dari budidaya ikan air tawar sebanyak 1,1 juta ton dan lainnya berupa hasil budidaya tambak air payau, budidaya di laut, budidaya jaring apung, serta budidaya dalam keramba.

Begitu juga pertumbuhan produksi budidaya ikan di kolam air tawar tercatat sangat menggembirakan yang tercatat sebesar 11 persen pertahun. Dari produksi ikan air tawar yang ada, sebanyak 70 persen mampu terserap pasar di dalam negeri. Data di atas memperlihatkan prospeknya usaha budidaya ikan air tawar air tawar yang sangat prospektif.

Sorry, the comment form is closed at this time.