Apr 052017
 

Pada dasarnya memang tidak semua orang mengetahui resep pembuatan martabak manis, karna seperti yang diketahui pembuatan kue martabak manis ini memang tidaklah mudah. Kue yang satu sangat popular karna  bentuknya yang unik, rasa yang manis dan porsi yang mengenyangkan perut.

Martabak manis ini sering kita temui di pinggiran jalan saat malam hari, bahkan saat sore pun sudah banyak para pedagang yang mulai menyiapkan lapaknya. Banyaknya peminat dan penggemar martabak manis ini, para pedagang pun mulai berkreasi dengan mengkolaborasikan martabak manis dengan berbagai rasa di tiap slice nya.

Martabak manis satu ini juga merupakan salah satu makanan khas dari bandung yang sering dijadikan cemilan saat malam hari. Apalagi jika cemilan yang satu ini dihidangkan saat  musim hujan, pasti akan menambah rasa hangat di dalam tubuh anda. Martabak manis ini dapat menjadi cemilan utama keluarga disaat musim penghujan seperti saat ini. Akan tetapi bagi anda yang ingin tetap menikmati martabak manis ini, anda tidak perlu bersusah payah untuk keluar rumah lagi, karna  anda dapat membuatnya sendiri dirumah  dengan mudah yang tentunya anda dapat berkreasi untuk pemberian topingnya sesuai dengan selera anda. Untuk anda yang masih belum mengetahui resep membuat kue martabak manis ini, berikut resepnya :

Bahan-Bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung terigu sebanyak 1/2Kg (disarankan menggunakan tepung segitiga biru)
  • Telu ayam berukuraan besar sebanyak 2 butir, kemudian kocok lepas hingga berbuih
  • Gulas pasir sebanyak 125 gram
  • Margarin yang sudah di cairkan sebanyak 1 sendok makan
  • Ragi instant sebanyak 1/2 sendok the
  • Pasta vanili sebanyak 1/4 sendok the
  • Baking powder sebanyak 1 sendok the
  • Garam sebanyak 1/2 sendok the
  • Air sebanyak 600ml

Bahan Pelengkap :

  1. Keju cheddar sebanyak secukupnya atau dapat menggunakan merk apa saja
  2. Susu kental manis putih secukupnya
  3. Kacang tanah tumbuk secukupnya
  4. Cokelat messes secukupnya
  5. Coklat leleh sesuai selera secukupnya
  6. Anda dapat memilih topping bebas sesuai selera anda (contoh: Oreo, strawberry, susu milo bubuk dll)

Langkah-Langkah Pembuatan :

  1. Campurkan beberapa bahan terlebih dahulu, seperti tepung terigu, gulas pasir, garam, ragi instant, pasta vanili, margarin cair, dan telur dalam sebuah wadah, setelah itu tuangkan air yang telah disiapkan tadi sedikit demi sedikit kedalam campuran hingga rata.
  2. Untuk meratakan sempurna kocok adonan dengan menggunakan mixer dengan mode kecepatan tinggi, lakukan selama kurang lebih 5 menit agar adonan tersebut mengembang sempurna ketika dibuat martabak nanti. Masukan baking powder kedalam adonan tersebut dan kocok kembali hingga seluruh adonan bercampur rata, lalu diamkan adonan selama kurang lebih 40 menit namun pada sebuah wadah tertutup.
  3. Setelah waktu yang ditentukan tersebut maka untuk memasak martabak manis anda perlu membutuhkan sebuah wajan khusus untuk martabak manis, jika tidak ada maka anda pun dapat menggunakan wajan modern yang ada pada saat ini yang juga memiliki bentuk bundar dengan permukaan yang datar dan memiliki pinggiran. Olesi dengan margarin terlebih dahulu kemudian panaskan dengan menggunakan api kecil.
  4. Setelah wajan panas, tuangkan adonan martabak yang sudah anda buat tadi kedalam wajan secukupnya, ratakan hingga ke bagian pinggiran wajan tersebut agar nantinya terdapat bagian yang kering pada bagian sisinya sebagai ciri khas dari martabak manis, biarkan hingga adonan terlihat mengeluarkan gelembung dan meletup lalu tutup wajan. Jika anda menyukai makanan dengan rasa yang sangat manis maka anda pun dapat menaburkan gula pasir secukupnya di atas adonan yang tengah menggelembung tersebut terlebih dahulu.
  5. Kemudian Setelah adonan matang angkat martabak, olesi dengan menggunakan margarin pada seluruh permukaan di bagian dalamnya, untuk topping anda bisa memberi sesuai selera anda, kemudia anda juga dapat memberi susu kental manis diatasnya
  6. Selanjutnya anda dapat mengiris martabak dengan bentu slice atau anda juda dapat membelah nya menjadi dua dan lipatkan keduanya hingga membentuk seperti setengah lingkaran, potong-potong martabak hasil kreasi anda dan sajikan selagi hangat.

Sorry, the comment form is closed at this time.