Apr 032017
 

Air salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia. Setiap hari kita membutuhkan air untuk aktifitas sehari-hari. Dengar air manusia mampu memenuhi kebutuhan hidupnya seperti, minum, mandi, memasak, memcuci baju dan sebagainya.

Mengingat begitu pentingnya air bersih bagi kehidupan dan begitu banyak manfaaatnya bagi kebutuhan manusia, maka perlunya pengelolaan dan penggunaan air diperhatikan agar jangan sampai kehabisan, terutama antisipasi saat musim kemarau tiba.

Manfaat air bersih bukan hanya untuk aktifitas sehari-hari yang sering dilakukan, tetapi ternyata air bersih yang digunakaan sebagai air minum juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Seperti yang diketahui 80% tubuh manusia mengandung air. Itulah sebabnya mengapa manusia hanya bisa bertahan 3 hari jika tidak minum dan hanya bisa bertahan hingga 1 minggu atau bahkan lebih jika hanya diberi minum tanpa makan sama sekali.

Lalu apa saja sih, sebenarnya manfaat air bersih untuk kehidupan manusia ,selain penjelasan diatas? Yuk simak berikut :

  • Manfaat Air bersih bagi kesehatan

Para dokter dan ahli kesehatan menyarakan agar kita minum air 8-10 gelas setiap harinya atau sama dengan 2 liter air setiap hari. Setiap air yang kita minum berfungsi untuk menggantikan cairan yang dikeluarkan melalui keringat, air seni dan skresi.

Selain untuk menggantikan cairan tubuh, air juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan wanita, kesuburan, menyehatkan jantung, dan mencegah beberapa penyakit gangguan pencernaan seperti : maag dan sembelit. Karna banyaknya manfaat yang diberikan air bagi kesehatan tubuh, maka bisa dibayangkan jika tubuh kekurangan air. Apa yang akan dilakukan tubuh? Tubuh akan mencari sumber lain dari tubuh itu sendiri yaitu darah. Inilah mengapa kita sering mendengar awal dari penyakit gagal ginjal adalah disebabkan karna kurangnya air minum. Kurangnya air minum menyebabkan pengentalan darah dan darah yang kental itu melewati ginjal yang berfungsi sebagai alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harusbekerja sangat keras. Tidak menutup kemungkinan ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah.

  • Air bersih sebagai alat untuk terapi

Pada saat pertandingan Timnas final piala AFF U-19 beberapa waktu lalu, banyak orang bertanya apa rahasia untuk memiliki stamina baik dan mampu bermain hingga 120 menit lamanya tanpa kenal lelah. Sang peltihpun mengungkapkan rahasia  dan metode bagaimana pemain mampu menjaga stamina fisik mereka yaitu menggunakan cara krioterapi. Krioterapi adalah metode terapi menggunakan air es yang berguna dapat memulihkan otot dan saraf yang kejang setelah bermain. Setelah direndam di air es pemain kemudia direndam dengan air bersuhu normal  untuk memulihkan setelah iitu direndam dengan air hangat . Terapi ini dipilih oleh staff pelatih timnas bukan tanpa alasan, dikarnakan penelitian para dokter dan ahli kesehatan menyatakan air dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar.

  • Air sebagai pendukung kehidupan

Ada beberapa manfaat sumber daya air sebagai pendukung kehidupan diantaranya yaitu :

  • Sumber bahan pangan
  • Pembangkit Tenaga listrik
  • Tempat rekreasi
  • Sebagai sumber mineral dan bahan tambang

Melihat begitu banyaknya manfaat air bersih bagi kehidupan manusia, sudah seharusnya kita menghargai dan menggunakan air dengan lebih bijak, salah satu usaha untuk melestarikan ketersediaan air bersih yaitu dengan melakukan filter air yang tepat dan benar.

Sorry, the comment form is closed at this time.