Apr 032017
 

Memiliki rumah yang cantik salah satunya ditentukan oleh desain lantainya. Selama ini lantai keramik menjadi yang paling popular, padahal ada banyak jenis lantai yang bisa diterapkan. Salah satunya adalah lantai flooring yang terbuat dari kayu asli atau pun bahan olahan yang dibuat menyerupai kayu. Rumah yang menerapkan flooring lantai membuat suasana terasa begitu alami. Untuk melakukan perawatan lantai jenis ini memang tidak semudah lantai keramik atau marmer yang bisa kapan saja di pel dengan air tanpa harus memikirkan kerusakan tekstur bahan. Ada cara-cara khusus yang harus Anda perhatikan dalam membersihkannya agar selalu terjaga dan tahan lebih lama. Berikut ini 3 tips menjaga flooring lantai tetap awet yang bisa diikuti.

Tips Sederhana Menjaga Flooring Lantai Agar Awet

Tips menjaga flooring lantai tetap awet pertama yang harus Anda perhatikan adalah menjaga kebersihan lantai. Lantai berbahan kayu cenderung rentan dan mudah rusak bila perawatannya salah. Jika selama ini kegiatan menghilangkan kotoran di lantai dilakukan dengan mengepel dengan air justru hal tersebut tidak boleh diterapkan pada lantai flooring. Usahakan saat membersihkan lantai dari debu cukup gunakan sapu atau vacum cleaner saja. Cara ini sudah cukup membantu. Namun jika memang terasa sangat kotor bisa dicoba dengan menggunakan lap setengah basah dengan bahan yang lembut untuk mengepel lantai. Teknik mengepel pun tidak boleh asal, sebaiknya dilakukan secara perlahan dengan teknik memutar.

Menggunakan cairan pencuci piring sebagai pembersih lantai menjadi tips menjaga flooring lantai tetap awet yang selanjutnya. Cara ini memang terbilang sedikit unik karena biasanya orang mengepel dengan cairan pembersih lantai. Namun, cairan untuk mencuci piring mampu membuat lantai lebih bersih dan terlihat lebih mengkilap. Anda bisa mencampurkannya ke dalam larutan air kemudian gunakan untuk membersihkan lantai. Jangan lupa bila telah selesai usahakan untuk segera mengeringkan lantai dengan kain yang kering agar tidak lembab. Langkah ini sebenarnya sangat disarankan untuk dilakukan jika lantai benar-benar kotor. Jika memungkinkan hindari flooring lantai dari air. Bahan kayu yang terlalu banyak terkena air bisa menyebabkannya mudah lapuk dan kusam.

Memperhatikan dengan seksama keberadaan barang di dalam rumah juga dapat menjadi tips menjaga flooring lantai tetap awet yang mudah dilakukan. Lantai yang berasal dari flooring kayu memang mudah tergores oleh benda-benda di sekitarnya. Usahakan saat meletakkan atau memindahkan barang lakukan dengan perlahan agar tidak menciptakan bekas pada lantai. Jangan pernah sekali pun untuk memindahkan barang dengan cara menyeretnya. Hal tersebut akan meninggalkan bekas guratan yang jelas. Saat lantai sudah tergores cenderung sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, tips sederhana ini bisa sangat membantu.

Sorry, the comment form is closed at this time.