Mar 012017
 

Ya, mungkin sebagian orang akan merasa aneh jika buah naga ditanam dalam pot. Hal ini mengigat buah naga yang tumbuh besar dan membutuhkan tempat yang besar untuk merambat dan berkembang biak. Namun para pembudidaya buah naga telah mencoba nya, keberhasilan buah naga dalam pot dapat dilakukan dimana saja.

Menanam buah naga dalam pot memang bisa dilakukan di dalam pot, namun anda perlu menyediakan pot atau wadah yang besar, pilihlah pot yang berdiameter 38 hingga 60 cm, serta kedalaman paling tidak 25 cm, lengkap dengan tiang untuk merambat. Yang perlu diperhatikan, tanaman buah naga kemungkinan pada akhirnya akan tumbuh hingga membutuhkan pot yang lebih besar, jadi bersiaplah untuk memindahkannya saat hal itu terjadi.

Tanaman buah naga bisa tumbuh dari biji, namun anda perlu bersabar agar bisa berkecambah saat penyemaian. Anda harus menunggu dan rutin mengecek benih yang berkecambah. Pada umumnya dalam beberapa minggu benih sudah mulai berkecambah. Jika sudah berkecambah dapat anda pindahkan ke media tanam agar pertumbuhan bisa maksimal.

Buah naga akan tumbuh subur jika ditanam pada media tanam yang tidak becek,  kaya akan unsur hara, berpasir, tercukupi sinar matahari dan bersuhu antara 38-40 °C. Jika perawatan yang anda lakukan cukup baik, buah naga akan mulai berbuah pada usia 11-17 bulan. Tanaman ini sangat adaptif dibudidaya di berbagai daerah dengan ketinggian di 0–1200 meter dpl.

Yang terpenting menanam buah naga adalah memberikan sinar matahari yang cukup sebagai syarat pertumbuhan buah naga merah. Walaupun buah naga dapat berkembang dengan kondisi tanah dan ketinggian lokasi apapun, tetapi tumbuhan ini cukup rakus akan zat unsur hara, untuk itu apabila tanah mengandung pupuk yang bagus, maka pertumbuhannya akan baik. Dalam waktu 1 tahun, pohon buah naga dapat mencapai ketinggian 3 meter lebih.

Beberapa Hama dan Penyakit yang sering ditemukan pada buah naga adalah ganggang merah karat (Cephaleuros sp.), Anggur putih (Botryosphaeria sp. Dan Phomopsis sp.) Batang hawar (Helminthosporium sp.) Dan antraknosa (Colletotrichum sp.) untuk itu diperlukan perawatan yang rutin dengan membersihkan lingkungan sekitar tanaman agar buah naga tidak teserang hama dan penyakit.

Sorry, the comment form is closed at this time.