Jan 312017
 

Saya rasa semua orang tahu bahwa lantai kayu saat ini sedang naik daun. Jika anda pernah mengunjungi kantor atau rumah yang memakai lantai parket kayu anda pasti tahu mengapa jenis lantai ini begitu diminati. Iya betul, lantai ini membuat suasana ruangan menjadi hangat dan terlihat elegan, beda dengan jenis lantai lainnya. Jika anda akhirnya membaca artikel ini, pastinya paling tidak anda sudah punya bayangan tentang indonesia furniture, anda pastinya tahu harga lantai parket kayu tidaklah murah. Karena itulah anda berusaha mencari cara membuat lantai kayu sendiri. Mahalnya harga lantai kayu disebabkan oleh kelangkaan jenis kayu tertentu yang menjadi bahan pokok pembuatnya. Tapi hal ini bisa diakali kok, dengan sedikit tips dan trik anda bisa mewujudkan keinginan anda memiliki lantai kayu di rumah anda.

Cara membuat lantai kayu sendiri yang saya bagikan disini bukanlah kualitas pabrik lo ya, tapi pastinya cukup kuat dan tahan kok, asal diperlakukan dengan baik. Anda bisa mengakali membuat lantai kayu sendiri dengan cara menggunakan tripleks sebagai alternatif. Tapi ingat bukan sembarang triplek tapi haruslah triplek dengan kayu sungkai yang bagus motifnya dan cukup murah dan kuat.

Berikut langkah-langkah membuat lantai kayu sendiri dengan tripleks:

  1. Siapkan lantainya. Permukaan lantai harus rata, bila tidak rata, ratakan dengan semen dan tunggu sampai kering sebelum melanjutkan ke langkah 2
  2. Bila lantai sudah siap, tinggal pasangkan triplek biasa dengan kualitas lumayan / tidak bolong-bolong atau cuil. Pasangkan satu-satu dengan merekatkannya pada lantai semen tadi menggunakan lem kayu. Pakulah triplek tadi pada lantai untuk memperkuatnya agar tidak goyang. Kemudian lanjutkan dengan triplek lain sampai seluruh lantai tertutup triplek.
  3. Tutup triplek tadi dengan triplek kayu sungkai, rekatkan dengan lem kayu pada triplek sebelumnya.
  4. Jika sudah semua, langkah terakhir tinggal difinishing dengan melamin dengan warna sesuai selera anda.
  5. Lantai kayu buatan anda sudah jadi, tinggal bagaimana perawatannya agar awet dan tahan lama

Itulah sedikit cara membuat lantai kayu sendiri dengan menggunakan bahan triplek. Walaupun kualitasnya tidak sebagus lantai parket pabrikan, tapi paling tidak cukup untuk memuaskan mata anda melihatnya.

Sorry, the comment form is closed at this time.