Jan 212017
 

Bermain dengan bayi usia 4 bulan tidak hanya membuat bayi dan orangtua merasa senang saja, akan tetapi membuat hubungan merekapun menjadi lebih akrab dan  kuat. Namun saat-saat seperti ini sebagai orangtua yang bijak harus lebih bisa memanfaatkan kesempatan agar perkembangan bayi lebih optimal.

Melalui permainan yang tepat sesuai, anda serta bayi anda dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik.  Bayi anda dapat mengungkapkan rasa suka atau tidaknya kepada mainan yang dia dapatkan. Atau bahkan bayi anda akan seolah-olah dapat berkomunikasi dengan mainan-mainan tersebut. Saat bayi usia 4 bulan ini, dia merasa menemukan hal yang baru, ilmu dan pengalaman yang baru bahkan kepalan tangan dan jarinya sendiri adalah hal yang menarik bagi dirinya. Bayi anda akan merasa senang untuk mencoba memasukan jari ke mulutnya, dia juga akan mencoba memasukan mainan-mainan lain kemulutnya. Pastikan semua mainannya aman dengan keamanan dari melihat label  serta bahannya.

Jauhkanlah mainan-mainan yang rapuh serta berbahaya karena pada usia 4 bulan ini dia merasa tertarik dengan hal-hal yang baru disekitarnya. Ini akan berbahaya bagi bayi anda jika anda tidak memperhatikannya dengan seksama.

Berikut daftar mainan yang bisa anda pilihkan untuk bayi usia 4 bulan :

  1. Mainan berbentuk Gantungan berbunyi

Sangat banyak mainan berbentuk gantungan yang beredar dipasaran, ada yang berbentuk wajah, manik-manik, boneka ada juga lonceng-lonceng berwarna. Pilihlah sesuai kebutuhan anda dan perhatikan juga label aman tidaknya. Permainan berbentuk gantungan ini bisa melatih kemampuan visual bayi anda, dan juga kemampuan pendengaran bayi.

  1. Mainan berbentuk cermin kecil

Bayi anda akan sangat senang ketika melihat dirinya sendiri ada didalam cermin. Anda bisa mencoba mengenalkan bagian-bagian tubuh bayi dengan metode cermin ini dengan menggerak-gerakan bagian tubuh bayi anda ke cermin.

  1. Mainan merangkak

Pada usia 4 bulan ini rasa ingin meraih benda yang menarik sangat tinggi, anda bisa melatih kemampuan motoriknya. Bayi anda akan senang untuk mengambil barang-barang yang dia suka dengan merangkak atau menggeser tubuhnya, cobalah untuk menggerakan secara perlahan mainan tersebut agar bayi anda mencoba merangkak secara perlahan.

  1. Mainan berbentuk alat musik

Alat musik berbentuk mainan yang bisa anda gunakan adalah mainan berbentuk drum. Drum yang digunakan adalah drum yang berukuran kecil, Selain mudah dengan hanya menggerak-gerakan tangannya saja, anda bisa sesekali menjauhkan mainan tersebut agar bayi anda tertarik untuk meraihnya. Selain melatih kemampuan mendengar, dengan cara ini anda bisa sekaligus melatih  motorik bayi anda.

  1. Mainan Bola

Walaupun terkesan bola adalah permainan anak lelaki, akan tetapi bayi perempuan pun senang dengan mainan bola ini. Jangan lupa juga memilih bola yang berukuran relatif sedang, jangan terlalu kecil agar tidak dimasukan kedalam mulut. Begitupun sebaliknya, bola yang terlalu besar juga akan mempengaruhi pergerakan bayi anda.

  1. Mainan transfortasi

Biasanya mainan seperti ini terbuat dari bahan kain dan berbentuk alat transfortasi seperti kereta, mobil, pesawat. Akan tetapi agar lebih memaksimalkan manfaat main tersebut, nyanyikanlah beberapa lagu yang bertema mengenalkan alat transfortasi.

Itulah mainan-mainan yang bisa dipilih untuk bayi usia 4 bulan. Kreasikanlah permainan-permainan tersebut agar lebih bisa menstimulus kemampuan motorik bayi anda.

Sorry, the comment form is closed at this time.