Serba serbi jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri, SNMPTN

PengPengamananSoalUjianNasional2013AkanDiperketat_zps7ab10fc5

Setelah menempuh jenjang pendidikan sekolah menengah atas (SMA), pastinya banyak orang yang melepas status sebagai siswa atau siswi dan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yakni dengan belajar di universitas dan menjadi mahasiswa. Yang paling utama diinginkan para calon mahasiswa yang baru lulus ini yakni adalah dapat me njadi mahasiswa di perguruan tinggi milik negara atau yang dikenal dengan perguruan tinggi negeri / PTN.

Mengapa perguruan tinggi negeri menjadi pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan? Paradigma yang berkembang di Indonesia dalam memilih perguruan tinggi adalah tingginya gengsi untuk memasuki perguruan tinggi negeri dalam memilih tujuan pendidikan lanjutan selepas SMA. Hal ini terjadi karena sejak dulu , perguruan tinggi negeri memiliki track record yang baik, dengan akreditasi yang baik sehingga para orang tua menuntut anak untuk masuk dan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri.

Untuk memasuki perguruan tinggi negeri, ada beberapa jalur, yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang merupakan jalur tanpa test tertulis dan hanya menggunakan penilaian hasil belajar akademik selama di SMA. Jalur SNMPTN juga dikenal sebagai jalur undangan. Ada pula jalur test tertulis yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang merupakan jalur test tertulis untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Dan yang terakhir adalah jalur mandiri, jalur ini merupakan jalur terakhir untuk masuk ke dalam perguruan tinggi negeri lewat jalur test tertulis yang diadakan oleh pihak universitas negeri yang bersangkutan.

Untuk tahun 2017 , prosedur yang harus dilakukan untuk mengikuti kegiatan SNMPTN adalah yang pertamasekolah harus mendaftarkan diri di PDSS SNMPTN 2017 pada awal tahun 2017 untuk kemudian dilakukan pengisian nilai rapor, lalu kemudian diverifikasi dan dilakukan perbaikan terhadap isian jika terjadi kesalahan dan kemudian pengumpulan data di PDSS SNMPTN 2017.

PDSS SNMPTN 2017 merupakan Pangkalan Data sekolah dan Siswa yang memberikan akses pihak siswa dan sekolah untuk melakukan update data dan melihat pengumuman yang terkait dengan kegiatan SNMPTN 2017.