Jalur SNMPTN untuk calon mahasiswa tinggi negeri

ujian-nasional

Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri diselenggarakan oleh pemerintah dan menggunakan prinsip adil, akuntabel, transparan dan tidak melakukan tindakan diskriminatif terhadap SARA. Jalur penerimaan mahasiswa baru ada melalui jalur non test yakni  jalur SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang menggunakan nilai raport hasil belajar secara akademik siswa di sekolah, SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri menggunakan jalur test tertulis. Selain itu, dari masing – masing perguruan tinggi memiliki program penerimaan mahasiswa baru dengan jalur test mandiri yang diselenggarakan oleh masing – masing perguruan tinggi negeri.

Jalur yang sebenarnya memiliki peluang yang lebih mudah adalah jalur SNMPTN, yang merupakan jalur melalui penggunaan hasil nilai rapot akademik siswa. Pendaftaran SNMPTN dilakukan oleh siswa melalui sekolah.

Pada tahun ajaran 2016 – 2017 , pendaftaran SNMPTN akan dilakukan pada awl tahun 2017.  Syarat pastinya adalah setiap siswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN yang merupakan tanda bukti siswa bersekolah dan terdaftar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa.

Untuk pengumuman SNMPTN 2017 biasanya akan dilakukan setelah setiap siswa melakukan prosedur pendaftaran yang terlebih dahulu dilakukan oleh sekolah ke pihak PDSS untuk kemudian para siswa melakukan pendaftaran dan juga pengisian formulir pendaftaran secara pribadi, melakukan input data nilai akademik sesuai dengan yang tertera pada rapot. Pengumuman SNMPTN 2017 akan dilakukan setelah prosedur pendaftaran dan verifikasi telah selesai dan waktu pengumuman SNMPTN 2017 akan dilakukan selepas pengumuman kelulusan Ujian Nasional yakni pada sekitaran bulan April hingga Mei 2017.

Penilaian untuk penerimaan jalur SNMPTN dilakukan oleh pihak universitas, disesuaikan dengan nilai rapot dan jurusan serta passing grade yang berlaku pada tahun 2017. Selain itu, penilaian juga dilakukan terhadap mahasiswa yang berasal dari sekolah yang bersangkutan untuk mengetahui track record mahasiswa yang berasal dari sekolah yang bersangkutan apakah baik atau tidak. Untuk yang memiliki nilai akademik bagus, sesuaikanlah nilai pada mata pelajaran yang bagus untuk jurusan yang dipilih karena akan dilakukan penilaian yang sesuai dengan kemampuan akademik.