Jenis mobil yang tidak dapat dijadikan agunan pinjaman

euro-1130697_960_720

Gadai BPKB mobil merupakan upaya memperoleh pinjaman dengan menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan atas pinjaman anda. Anda diharuskan menjaminkan asset anda yang berupa mobil dnegan memberikan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) asli kepada pihak pemberi pinjaman.

Kekurangan dengan melakukan gadai BPKB mobil adalah plafon yang diberikan hanya bisa mencapai 100.000.000 dengan tenor maksimal 5 tahun. Selain itu, banyak syarat yang harus dipenuhi agar mobil anda bisa dijadikan jaminan.

Selain itu, untuk melakukan gadai mobil, pihak peminjam harus benar-benar memperhatikan pihak peminjam, karena mobil merupakan sesuatu yang mobile dan dapat dipindahtangankan dengan mudah dan rawan terjadi penipuan terhadap hal tersebut. Selain itu, resiko penyitaan yang tinggi jika anda tidak teliti dalam memilih lembaga pemberi pinjaman.

Jaminan yang diberikan adalah BPKB yang harus diberikan kepada pihak pemberi pinjaman. Untuk gadai mobil keuntungannya adalah proses pencairan yang cepat jika dana diperlukan untuk keperluan mendesak. Proses fadai antara lain penjemputan persyaratan, survey dan cek kendaraan, penulisan nomor mesin dan nomor rangka serta mengambil foto yang diperlukan.

Beberapa kondisi kendaraan mobil yang tidak dapat digunakan untuk gadai BPKB mobil antara lain:

  1. Usia mobil yang cukup tua, melebihi 15 tahunm karena akan terjadi penurunan nilai ekonomis dan penurunan kualitas dan kondisi mobil
  2. Mobil dengan full variasi, sehingga terjadi perubahan bentuk asli, dan juga karena harga pasaran tidak dapat ditentukan dengan tepat.
  3. Mobil bekas digunakan untuk kompetisi adu kecepatan maupun rally, harus dicek history penggunaan kendaraan karena resiko mobil yang digunakan untuk lomba beresiko tinggi terjadi kerusakan.
  4. Yang tidak memiliki BPKB, karena tidak dapat menjadi bukti kepemilikan kendaraan terhadap pihak peminjam sehingga tidak dapat disetujui.

Beberapa hal diatas merupakan jenis kendaraan yang dilarang untuk dapat digunakan sebagai gadai BPKB mobil. Untuk anda yang ingin melakukan gadai BPKB mobil harus memperhatikan hal tersebut agar memudahkan proses gadai yang anda lakukan.