Magister Sains Psikologi Sosial Kesehatan

Dear teman-teman mahasiswa dan/atau alumnus S1 Psikologi dan S1 Ilmu Sosial,

Teman2 dan/atau sejawat kita dari Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya merencanakan membuka Program Magister Sains Psikologi Sosial dengan peminatan pada Ilmu Psikologi Sosial Kesehatan. Dengan mengikuti Program Magister Sains Psikologi Sosial akan diperoleh kompetensi dan kewenangan sebagai Ilmuwan praktisi Psikologi Sosial, yang sekaligus diperkuat dengan kompetensi kemagisteran.

Gelar yang dihasilkan setelah melalui program ini adalah M.Si.

Program Magister Sains Psikologi Sosial ini terbuka bagi lulusan S1 Psikologi dan S1 lainnya dari berbagai latar belakang ilmu-ilmu sosial/ kesehatan yang relevan dan terkait . Berkaitan dengan rencana pembukaan program magister tersebut, maka FP UAJ ingin mengetahui seberapa besar minat lulusan Sarjana Psikologi dan Sarjana dari berbagai bidang ilmu sosial / kesehatan terhadap Program Magister Sains Psikologi Sosial. Data ini diperlukan sebagai syarat studi kelayakan untuk membuka program tersebut.

Apabila teman-teman ada sedikit waktu (2 sampai 5 menit), survey minat tersebut dapat diisi (klik) pada:

Kurikulum terbagi atas :  a. Matrikulasi : Psikologi Umum, Psikologi Sosial, Psikologi Kesehatan dan Metode Penelitian ( Kuantitatif dan Kualitatif ) b. Kemagisteran : Filsafat Ilmu, Statistika, Metode Penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Kualitatif ( dalam bidang Psikologi Sosial ) dan Psikologi Sosial Kesehatan c. Kekhususan : Diskursus dan Kommunikasi dalam bidang Kesehatan, Sosiogerontologi, Ketidakadilan dan Akses Kesehatan, Sosiologi Kesehatan, Psikologi Kesehatan pada Kelompok Marjinal, Teori-teori Kritis Psikologi Sosial, Intervensi Psikososial dalam bidang Kesehatan, Seminar dan Tesis Target yang akan dicapai setelah mengikuti Program S2 ini: a. pengembangan wawasan mengenai pengertian kesehatan dari dimensi fisik-mental dan sosial sebagai satu kesatuan sebagaimana didefinisikan oleh WHO b. lulusan memiliki kompetensi untuk bekerja dalam bidang-bidang analisis kebijakan, penelitian-penelitian, perancang / evaluator program dan manajemen kesehatan. Kuliah akan diselenggarakan sore hari dari pukul 17.30 – 22.00 W.I.B. dengan disediakan makan malam oleh fakultas. Tenaga pengajar internal mata kuliah S2 Psikologi Sosial Kesehatan Unika Atma Jaya Jakarta, antara lain :
  • Prof. Dr. Irwanto ( HIV / AIDS, Narkoba, Masalah kesehatan pada kelompok marjinal )
  • Prof. Dr. Bernadette Setiadi ( Psikologi sosial, Psikologi Lintas Budaya )
  • Dra. Eunike Sri Tyas Suci, Ph.D., Psikolog ( Sosiologi Kesehatan, Sosiogerontologi )
  • Dr. Lidia Hidajat, M.P.H. , Psikolog ( Pemaknaan sakit dan sehat dalam budaya, Psikologi Klinis )
  • Dr. Phil. Juliana Murniati ( Psikologi Sosial , Psikologi Kesehatan , Kepekaan Antar Budaya )
  • Dr. Nani Nurrachman, Psikolog ( Teori-teori kritis psikologi sosial, Trauma sosial, Psikologi perempuan )
Ditambah dengan tenaga pengajar / pakar / praktisi yang berpengalaman dari luar fakultas. Berbeda dengan Psikologi Kesehatan yang secara umum telah dikenal membedah masalah perilaku kesehatan, program ini menelaah masalah kesehatan secara multidisiplin namun dengan pendekatan teori-teori psikologi sosial; tujuannya adalah membedah dimensi psikologis dan sosial yang terkait dengan dimensi biologis kesehatan manusia.
  Terimakasih.

Leave a Reply