Istilah seni pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ide seni merupakan ungkapan perasaan manusia yang mengandung unsur estetik atau keindahan dan diekspresikan melalui media nyata dan dapat dirasakan oleh panca indera manusia.

Untuk mengetahui lebih detail tentang apa itu seni, jenis, dan fungsinya, yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Seni Secara Umum

Istilah seni sendiri berasal dari bahasa Sansekerta “sani” yang berarti persembahan atau pemujaan. Dalam kehidupan masyarakat pada umumnya kesenian sangat erat kaitannya dengan upacara adat atau keagamaan atau yang biasa dikenal dengan kesenian daerah.

Menurut pendapat Padma Bosveta, istilah seni berasal dari bahasa Belanda yang artinya “jin” yang artinya jenius. Seni yang dalam bahasa Inggris berarti seni rupa “seni”.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian seni secara umum adalah produk yang mengandung unsur keindahan buatan manusia dan bertujuan untuk menghadirkan kesenangan.

Seni sengaja diciptakan oleh manusia sekaligus mengandung unsur keindahan, sehingga mampu mempengaruhi perasaan orang lain yang melihat atau mendengarnya.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Menurut Sharingconten.com, beberapa ahli juga mengemukakan pendapat mereka mengenai pengertian seni.

1. Aristoteles

Menurut pandangan Aristoteles, seni rupa adalah kegiatan meniru alam dalam bentuk atau cara berekspresi dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari realitas atau realitas saat ini.

2. Alexander Baum Garton

Alexander Boom Garton mengungkapkan pendapatnya tentang seni, sesuatu tentang keindahan dengan tujuan positif, untuk menciptakan perasaan bahagia pada penonton.

3. Ki Hadjar Diwantara

Ki Hadjar Diwantara mengemukakan bahwa seni adalah hasil dari keindahan yang mampu menggerakkan perasaan indah siapapun yang melihatnya, sehingga setiap tindakan manusia yang dapat mempengaruhi dan menciptakan perasaan indah disebut seni.

4. Emmanuel Kant

Makna seni menurut Kant adalah mimpi yang ditumpahkan menjadi tindakan, karena beberapa rumusan tidak dapat mempersepsikan realitas atau realitas.

5. James Morco

James Morco berpendapat bahwa seni adalah interpretasi dari perasaan indah yang terdapat pada setiap jiwa manusia. Menurutnya, kesenian ini lahir atau diciptakan melalui suatu medium berupa medium atau sarana komunikasi yang dapat digali oleh panca indera manusia, baik indera penglihatan, pendengaran maupun perantara gerak.

6. Leo Tolstoy

Leo Tolstoy mengutarakan pendapatnya mengenai ide seni sebagai ekspresi perasaan pencipta untuk menyampaikan apa yang dia rasakan kepada orang lain sebagai ahli karyanya.

7. Hillary Bell

Mendefinisikan seni menurut Hillary Bell adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah karya yang dapat menyulut hati atau menggugah rasa ingin tahu publik untuk mengetahui siapa penciptanya.

8. Eric Arianto

Menurut Eric Arianto, seni adalah aktivitas atau aktivitas spiritual (internal) yang tercermin dalam bentuk tindakan yang dapat menimbulkan rasa ingin tahu dan minat pada orang lain untuk mendengar atau melihat.

9. Ensiklopedia Indonesia

Seni adalah tindakan kreatif dari segala sesuatu yang mengandung unsur keindahan, untuk membuat orang yang melihat atau mendengarnya senang atau senang.

Fungsi Seni

Seni memiliki fungsi tersendiri yang terbagi menjadi dua bagian yaitu fungsi individu dan fungsi sosial.

Ini adalah pekerjaan seni.

1. Pekerjaan individu

✓ Sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan material, misalnya seniman membuat toples seni yang unik sebagai home performance yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan material dan memberikan kenyamanan kepada tenaga ahli.

Sebagai cara untuk memuaskan kebutuhan emosional, agar seseorang merasakan kebahagiaan, cinta, kesedihan, gairah, amarah, benci dan perasaan lainnya untuk melampiaskan perasaannya.

2. Fungsi sosial

Itu memainkan peran penting dalam dunia pendidikan. Nilai dan pengetahuan seni sebagai bentuk ekspresi diri dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan.

Untuk menyampaikan pesan-pesan agama yang dapat dilihat dari pakaian atau sandang, lagu-lagu rohani, prosesi upacara, kaligrafi, dll.

Untuk mempermudah menjelaskan sesuatu kepada orang lain. Misalnya, penggunaan poster untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar yang menarik akan memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Sebagai sarana ekspresi diri dengan tujuan menghibur diri sendiri dan orang lain yang melihatnya.

Dari penjelasan di atas, kamu sekarang lebih paham tentang pengertian dan jenis seni, bukan? Seni diciptakan bukan tanpa tujuan, tetapi memiliki fungsi tersendiri yang bermanfaat bagi kehidupan individu dan sosial.

Written by kunapaypal