Manfaat seni sesuai kebutuhan – Seni yang terdapat pada beberapa jenis memiliki manfaat tersendiri untuk setiap jenisnya. Manfaat seni tidak hanya dirasakan pada sisi individu tetapi juga pada sisi sosial

Manfaat belajar seni secara umum

1. Manfaat Individu

Manfaat utama seni dalam pembelajaran bagi individu atau individu adalah terpenuhinya kebutuhan emosional. Studi tentang seni dapat memberikan kepuasan bagi penikmat seni yang kreatif.

Jadikan diri Anda lebih kreatif dan latih diri Anda untuk merasakan emosi yang Anda pelajari dari mempelajari seni. Misalnya, orang yang sedih bisa menghibur dirinya sendiri dengan melihat keindahan sebuah lukisan.

  • Manfaat seni sesuai kebutuhannya

Banyak pendekatan lain yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan emosional ini. Perasaan tidak terbatas pada kegembiraan saja, tetapi juga mencakup emosi lain seperti kesedihan, kecemasan, kemarahan, ketakutan, dll. Selain membantu dalam menjaga kestabilan emosi, mempelajari seni juga dapat memberikan kekuatan untuk mengungkapkan perasaan tersebut. Dengan mengungkapkan perasaan berarti kita telah mencapai kepuasan bagi diri kita sendiri yang kita rasakan adalah seni seperti seni lukis, musik, seni rupa, dll.

  • Kebutuhan fisik.

Selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan emosional, manfaat yang diperoleh dari belajar seni bagi individu juga dapat memenuhi kebutuhan musik. Keduanya saling berhubungan antara emosi dan fisik, dan hasil yang diberikan emosi dapat mempengaruhi fisik seseorang. Secara historis, musik telah dipercaya sebagai metode penyembuhan sejak jaman dahulu kala. Telah terbukti bahwa musik mempengaruhi saraf sensorik dan motorik manusia.

  • Manfaat seni sesuai kebutuhannya

Contoh lain dari manfaat kebutuhan jasmani adalah alat-alat yang digunakan setiap hari. Mempelajari seni rupa dapat membuat seseorang bekerja menghasilkan alat untuk kebutuhan sehari-hari.

Beberapa contohnya adalah desain pakaian dan aksesori yang memberikan kemudahan dan nilai untuk digunakan sendiri. Manfaat belajar seni untuk memenuhi kebutuhan fisik dalam seni tari juga dapat ditemukan. Tarian yang dilakukan dengan berbagai gerakan membuat tubuh lebih energik dan sehat.

2. Manfaat sosial

  • Hiburan media

Belajar tentang seni dapat memberikan manfaat rekreasi. Seni yang indah dapat menghasilkan daya tarik tersendiri bagi penontonnya. Setiap kesenian dapat memberikan hiburan dengan cara yang berbeda. Misalnya saat mengunjungi Museum of Fine Arts. Museum ini berisi karya seni indah yang ditampilkan dalam format 2D atau 3D. Saat pengunjung memasuki museum, mereka akan mengalami perubahan emosi sesuai dengan karya yang mereka lihat.

Lagu juga menjadi cara untuk menghibur banyak orang. Beberapa lagu ceria bisa menghibur pendengar yang sedih. Lagu yang dinamis juga dapat membantu meningkatkan antusiasme individu.

  • Sarana komunikasi

Manfaat lain dari pembelajaran seni rupa adalah penggunaannya sebagai media komunikasi. Ada ungkapan dalam bahasa Inggris bahwa sebuah gambar memiliki arti seribu kata, artinya sebuah gambar dapat mencerminkan seribu kata. Contohnya adalah gambar yang menceritakan tentang perbedaan seperti kondisi miskin dan makmur, deforestasi ilegal, dan lain-lain.

Aiku Brasetio, seorang pelawak asal Indonesia, menggunakan komik sebagai salah satu cara untuk mengkritisi kinerja pemerintah Indonesia. Selain menawarkan kritik, seni juga bisa menyampaikan isi hati sebagai komunikasi.

Biasanya jenis seni yang digunakan untuk masalah jenis ini adalah penggunaan seni musik. Lagu-lagu bertema cinta sangat populer di Indonesia, tidak sedikit liriknya yang mengandung makna komunikasi untuk tujuan tertentu.

Karya tersebut kemudian dapat dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia melalui media sosial saat sang pelukis membagikan karyanya. Banyak orang dengan visi yang sama berkomunikasi melalui pekerjaannya dan saling menghargai.

3. Pendidikan media

Hal terakhir yang menguntungkan studi seni adalah manfaat pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat. Seni dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran dengan memberikan bimbingan atau informasi yang diperlukan sebagai bantuan. Pendidikan ini tidak hanya terbatas pada profesional, tetapi juga untuk masyarakat umum.

Contohnya adalah lagu-lagu yang digunakan sebagai alat pendidikan bagi anak-anak muda. Lagu tersebut membahas bagaimana mengeja alfabet, berhitung, berbicara, dan lainnya. Contoh lagu lainnya adalah lagu untuk mempelajari tabel periodik unsur-unsur dalam pelajaran kimia. Lagu sangat bermanfaat untuk dipelajari karena otak kita lebih responsif terhadap musik yang sama seperti biasanya.

Contoh lainnya adalah penggunaan ilustrasi sebagai media pendidikan. Saat ini tidak jarang menggunakan ilustrasi sebagai bukti informasi. Pelajari beberapa komik Indonesia tentang agama dan kehidupan.

Cara ini juga dilakukan secara internasional, contoh bahasa Jepang memasukkan ilustrasi karakter Eileen Baker dalam buku bahasa Inggris. Tujuannya adalah untuk membantu menjelaskan lebih banyak dan membuat pelajaran menjadi lebih menarik.

Manfaat belajar seni tidak hanya mempengaruhi orang dewasa pada umumnya, tetapi juga mempengaruhi anak-anak kecil. Berbagai penelitian mengenai manfaat pembelajaran seni bagi anak telah dilakukan oleh peneliti dari tahun ke tahun.

Peneliti termasuk Lisa Phillips, Dewey, Reed, Ross, Chapman, dan Margarie Naumberg. Beberapa dari peneliti ini berasal dari era yang berbeda, tetapi mereka telah menunjukkan hasil yang positif tentang manfaat belajar seni bagi anak-anak.

Manfaat belajar seni bagi anak-anak

1. Membangun pola pikir yang lebih dewasa

Pola pikir yang matang bisa dibangun di usia muda dan bisa dipandu dengan penggunaan seni. Anak-anak pada umumnya tidak mau menerima saran atau nasihat dari orang tua mereka karena mereka tidak memahaminya, dan melalui rasa ingin tahu anak tentang seni maka mereka mendengar saran tersebut dengan lebih baik.

2. Membangun sikap solidaritas

Beberapa karya seni harus dikerjakan secara berkelompok, sehingga diperlukan solidaritas. Contoh kegiatan yang dilakukan berkelompok adalah menari, bermain musik, membuat kerajinan tangan, serta melukis. Anak-anak yang bekerja dalam kelompok mengerjakan karya seni akan berkolaborasi satu sama lain untuk menciptakan kreativitas baru.

3. Menciptakan kepribadian yang tidak mudah menyerah

Manfaat belajar seni juga untuk membangun karakter dan tidak mudah menyerah. Anak-anak yang mempelajari seni, dengan dorongan yang sesuai, ingin memperbaiki karya seninya di masa depan. Seni umumnya dapat dipelajari dengan dua cara, yaitu belajar mandiri dan pendampingan. Mungkin lebih baik anak melakukan ini dengan terarah, karena pada awalnya anak bisa bergerak dengan cepat.

4. Belajar menghargai bisnis

Hal terpenting dalam manfaat pembelajaran seni bagi anak adalah menumbuhkan apresiasi terhadap karya. Apresiasi karya orang lain harus dipelajari sejak awal, karena apresiasi ini akan menjadi nilai yang besar bagi sang pencipta. Mengajar anak untuk menunjukkan apresiasi adalah dengan membawa mereka ke tempat-tempat yang memiliki wawasan artistik. Melalui pembinaan yang mereka lakukan, anak-anak akan memahami keindahan dan kedalaman dunia seni, sehingga dapat lebih mengapresiasi karya-karyanya.

Written by kunapaypal