Peran Perawat di Sasana Tresna Werda Cibubur

Sasana Tresna Werda?? apaan tuh??

Sasana Tresna Werda atau yang sering disingkat STW adalah sebuah panti werda yang melayani lansia agar dapat menjalani hidup di usia senjanya dengan optimal dan penuh makna (ceile…).

STW merupakan panti sosial milik swasta yang dikelola oleh Yayasan Karya Bakti Ria Pembangunan. Berbeda dengan panti-panti sosial lain di bawah Departemen Sosial RI, STW harus membiayai dirinya sendiri untuk bisa beroperasi.

beberapa profesi kesehatan yang terlibat di dalam STW antara lain dokter dan perawat, di sana hanya terdapat 8 perawat yang dikepalai oleh Ns. Ibnu Abbas S.Kep. Begitu banyak program kegiatan yang memang sengaja dirancang oleh Perawat untuk bisa memandirikan lansia seoptimal mungkin sesuai dengan kemampuan lansia dalam beraktifitas.

Berbeda dengan institusi lain seperti Rumah Sakit atau Puskesmas yang lebih didominasi oleh dokter, di STW malah didominasi oleh perawat dalam membuat program-program kesehatan seperti senam dll maupun dalam pembuatan program sosial seperti shopping rame-rame yang dilakukan sebulan sekali.

Perawat di STW sangat ramah dan sangat berbeda dengan karakteristik perawat yang ada di rumah sakit pada umunya yang sering kita temukan perawat-perawat judes nan galak, namun perawat seperti itu tidak ditemukan di panti ini. Lansia sangat menghargai kehadiran perawat selaku pemberi pelayanan kesehatan yang 24 jam akan selalu siap sedia untuk mereka. Perawat di STW sangat mengetahui masalah orang-perorang di panti tersebut dan tidak hanya masalah kesehatan namun juga mengetahui dengan baik msalah sosial yang dialami oleh lansia seperti HDR (Harga Diri Rendah) yang dapat ditemukan pada lansia di sana, sehingga dapat memberi pelayanan keperawatan yang spesifik sesuai dengan masalah yang dialami oleh lansia tersebut.

Namun yang perlu diperhatikan adalah untuk menjadi penghuni STW harus lulus beberapa persyaratan seperti sehat fisik dan mental, harus ada penanggung jawab, dan usia minimal adalah 60 tahun, dan yang pasti harus bisa memenuhi biaya per-bulannya untuk bisa tinggal disana.

2 Responses

  1. Silvia Christiana Dewi Says:

    Yth.penulis blog ini. Saya sangat ingin sekali bekerja di panti Wreda. Saya ingin bisa merawat lansia. Selain itu saya jg ingin membina kepribadian saya utk menjadi lebih baik. Kalo ada loker di panti Wreda mail saya ea di silvzz@yahoo.com.thx.

  2. bimo Says:

    salam, Singkat saja,ada bbrpa pertanyaan: 1. Biaya per bulan? 2. Lokasi tepatnya dimana ya? Bilamana ada no.telp yg bisa dihubungi,mhn infonya.

    Terimakasih Bimo@@021.70508040 / 081898.5353