Di jaman sekarang ini pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan internet, semuanya sudah bisa Anda temukan dengan menggunakan internet, mulai dari hal yang tidak penting sampai penting. Berbagai macam usaha pun bisa dilakukan lebih mudah, salah satunya melalui online. Kebanyakan untuk usaha online ini pasti membutuhkan website sebagai cara mereka berkomunikasi dengan pelanggan, untuk Kamu yang ingin membagikan pemikiran atau senang menulis pun bisa menggunakan website ini sebagai salah satu sarana. Berikut ini ada tips membuat website yang mudah buat Anda pemula, hanya membutuhkan domain murah dan hosting yang murah sebagai pendukungnya.

1. Anda harus mengenali website seperti apa yang akan dibuat

Anda harus sudah menentukan jenis website seperti apa yang akan dibuat, apakah itu website untuk catatan harian atau yang lebih serius seperti bisnis. Sekalanya pun perlu Anda pikirkan. Jika Anda sudah menentukannya makan tahap selanjutnya tidak akan terlalu sulit. Tahap ini menjadi penentu bagaimana nanti website Anda.

2. Beri website Anda hal yang unik sebagai ciri khas atau karakteristik

Setelah tau website apa yang akan Anda buat, pastikan Anda untuk mulai menentukan menu apa saja yang akan ada di dalamnya. Misalnya saja untuk website personal atua pribadi Anda bisa membuatnya dengan bahasa yang lebih santai, warna yang lebih cerah atau sesuai karakteristik Anda. Website juga bisa dijadikan sebagai portofolio Anda, caranya dengan memasukkan beberapa karya, dan untuk itu dibutuhkan menu portofolio agar para pengunjung mengetahuinya. Cari karakteristik yang membedakan website Anda dengan website orang lain.

3. Pahami cara membuat website

Susah kah membuat website? Bagaimana dengan bahasa pemrogramannya? Anda bukan anak IT? Jangan langsung menyerah, Anda bisa mencari tahu lewat internet dan mencari tahu panduannya. Untuk sekarang juga sudah banyak aplikasi yang menawarkan tamplate gratis untuk Anda membuat website secara mudah.

4. Bisa menggunakan CMS

Seperti yang dikatakan tadi, bahwa sekarang sudah banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan bagi Anda pemula untuk membuat website, salah satunya CMS yang bisa membantu Anda membuat konten website. Tinggal mendownloadnya di internet dan mengikuti panduannya maka Anda sudah bisa membuat website sendiri.

5. Beli domain dan hosting yang murah

Apa itu domain? Domain yaitu alamat dari tempat file website Anda, sedangkan hosting itu adalah tempat menyimpan file website Anda, contohnya saja seperti Detik.com. Anda bisa memilih domain dan hosting sesuai kebutuhan Anda. Mulai dari domain murah dan hosting murah atau mungkin Anda menginginkan size yang besar dan domain yang lebih ekslusif karena website Anda akan digunakan sebagai bisnis maka Anda bisa memilih domain dan hosting yang lebih mahal. Tapi sebagai pemula cukup menggunakan domain dan hosting murah yang akan menguntungkan Anda. Anda bisa mencarinya, karena sekarang pun sudah banyak jasa dari domain murah dan hosting murah untuk orang-orang yang ingin membuat website.

Semuanya sudah bisa dilakukan dengan mudah, termasuk membuat website sendiri dengan membeli domain dan hosting murah. Keuntungan yang bisa Anda dapat dengan domain dan hosting murah ini juga akan sangat menguntungkan. Bisnis online akan lebih berkembang dengan website yang baik dan mudah diakses. Anda tinggal memilih akan menggunakan domain apa, selamat mencoba untuk membuat website!