Di jaman sekarang ini kebutuhan untuk membaca tidaklah berkurang, bahkan semakin bertambah. Hal ini juga semakin dipermudah dengan keberadaan berbagai toko online yang kini banyak menjamur. Kini, tidak sedikit toko buku yang menyediakan layanan pembelian buku online sehingga mempermudah untuk membelinya. Nah, berikut ini ada beberapa tips beli buku via toko buku online.

1. Diskon

Ya, layaknya toko buku offline atau toko buku yang berada di dunia nyata, toko buku online juga menyediakan berbagai macam diskon yang menarik. Nah, selain tips beli buku via toko buku online dengan diskon, ada juga tips tambahan yakni dengan mencari tanggal-tanggal penting untuk perayaan hari tertentu. Misalnya hari buku sedunia yang pasti akan ada diskon yang ditawarkan untuk memperingati hari tersebut.

2. Perhatikan Profil Penjual

Layaknya bertransaksi dengan toko online lainnya, sebagai tips beli buku via toko buku online adalah dengan meyakinkan terlebih dahulu bahwa toko online atau profil penjual tersebut adalah nyata dan benar ada. Perhatikan juga transaksi yang diunggah sebagai bukti pembelian buku tersebut, apakah nyata atau fiktif.

Jika memungkinkan, anda juga mencari referensi mengenai toko buku online tersebut dengan menanyakan mereka yang pernah bertransaksi sebelumnya dengan toko buku tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan mengecek testimoni yang ada di toko online tersebut. Jangan lupa perhatikan tanda bintang/rating dari pembeli sebelumnya. Pilihlah toko online yang memiliki banyak testimoni baik, dan memiliki rating yang tinggi atau bagus. Nah, itulah tips beli buku via toko buku online agar aman bertransaksi.

3. Jaga Data Diri Anda

Tidak sedikit toko buku online yang menawarkan untuk join sebagai member dari toko tersebut. Hal itu tidaklah buruk, malah anda akan mendapatkan banyak referensi buku terbaru yang tersedia dan yang pasti akan menjadi hal yang baik sehingga anda bisa tetap terus untuk mendapatkan buku-buku pilihan. Nah sebagai tips beli buku via toko buku online nya adalah dengan menjaga data diri anda.

Yang dimaksud dengan menjaga data diri anda adalah dengan tidak memberikan informasi berlebih atau informasi yang rentan untuk dibagikan. Hal ini memang tidak hanya sebatas pada tips beli buku via toko buku online saja namun semestinya juga setiap anda bermedia sosial atau melakukan transaksi dengan toko online apapun.

4. Tanyakan Kualitas Buku

Nah, tips beli buku via toko buku online nomor 4 ini adalah salah satu yang paling penting untuk diperhatikan. Sama halnya dengan benda yang diperjual belikan yang lainnya adalah kualitasnya, buku juga memiliki kualitas tertentu yang akan mempengaruhi harganya. Oleh karena itulah, penting untuk anda menanyakan kualitas dan keadaan buku.

Kualitas atau keadaan buku misalnya seperti apakah buku tersebut masih baru atau merupakan koleksi seseorang. Harganya bisa saja berbeda, namun bukan berarti buku yang tidak baru tersebut bisa lebih murah karena ada juga buku dengan cetakan awal atau kelangkaan tertentu yang membuatnya berharga. Selain itu, kualitas seperti kualitas cover juga perlu ditanyakan sebagai salah satu tips beli buku via toko buku online.

5. Metode Pembayaran

Tak jauh berbeda dengan pembelian barang online lainnya, pembelian buku melalui toko buku online juga perlu diketahui model pembayarannya. Hal ini sangat penting karena harga buku yang dijual tidak selalu dalam jumlah yang kecil. Apalagi jika anda membeli beberapa buku sekaligus dalam suatu waktu.

Ya, sebagai tips beli buku via toko buku online tambahan adalah dengan membeli buku dengan jumlah lebih dari satu saat pembelian. Hal ini dikarenakan biaya pengiriman yang akan lebih mahal apabila hanya mengirim satu buku saja.

Nah itulah beberapa tips beli buku via toko buku online yang bisa anda perhatikan. Memang, tidak semua toko buku online bisa tampil berupa alamat website. Ada juga toko buku kecil atau hasil penjualan pribadi melalui akun media sosial pribadi. yang terpenting adalah anda memastikan bahwa yang akan anda beli akan sampai pada anda dan anda mendapatkan buku baru untuk anda baca dan masuk dalam koleksi buku anda. Ayo terus membaca!