Wawancara kerja menjadi hal mendasar pada saat recruitment. Pada sesi ini diri anda akan dikupas oleh pihak perusahaan demi menilai apakah anda layak atau tidak bergabung bersama mereka. Maka dari itu sesi ini wajib dipersiapkan secara baik agar anda memiliki kemungkinan besar diterima di perusahaan tersebut. Wawancara meliputi penilaian kompetensi, attitude hingga penampilan anda. Maka persiapkan segalanya secara seksama.

Anda bisa mendapatkan beberapa poin plus seperti menggunakan pakaian yang rapi, attitude yang baik hingga datang tepat waktu. poin ini akan menolong anda jika nantinya mengalami kesulitan ketika menjawab pertanyaan. Banyak yang gagal pada sesi wawancara bukan karena tak berkompetensi, namun bisa jadi ia terlampau gugup atau tidak memiliki etika yang baik. agar wawancara sukses, persiapkan beberapa hal penting berikut ini sebelum melakukan sesi tersebut.

Persiapan Penting Saat Akan Wawancara

  1. Survey lokasi

Sempatkan diri untuk melakukan survey lokasi beberapa hari menjelang wawancara. Hal ini bertujuan agar pada hari H anda tidak lagi bingung menemukan lokasi yang dituju. Dengan survey lokasi anda juga bisa meminimalisir terjadinya keterlambatan dan berbagai hal yang tidak diduga lainnya.

  1. Datang lebih awal

Datang lebih awal dari waktu yang ditentukan akan memberi poin plus dimata pewawancara. Datang lebih awal juga bertujuan mengkondisikan diri agar tidak gugup serta bisa mempersiapkan segala sesuatu lebih detail. Anda bisa melakukan latihan pernafasan dulu untuk mengurangi gugup anda. datang lebih awal juga menandakan anda benar-benar berniat dengan pekerjaan tersebut.

  1. Siapkan jawaban di setiap kemungkinan pertanyaan

Ketika wawancara ada beberapa pertanyaan yang umumnya dilontarkan pihak pewawancara. Misalnya tujuan bekerja di perusahaan tersebut, gaji yang diinginkan, dll. Pertanyaan mudah tersebut juga bersifat menjebak. Maka agar wawancara sukses siapkan jawaban disetiap kemungkinan pertanyaan tersebut agar wawancara berjalan sukses.

  1. Berpakaian rapi dan formil

Selain persiapan teknis, pakaian juga mesti disiapkan secara baik. pakaian yang dikenakan sebaiknya yang tidak mencolok. Pilih yang modelnya sederhana namun rapi. Dari penampilan yang rapi, pewawancara akan memberi nilai plus ketika melakukan penilaian. Untuk urusan make-up, pakailah sewajarnya. Pastikan pakaian yang dikenakan nyaman dan tidak menggangu gerak anda.

  1. Percaya diri dan tidak sombong

Maksud percaya diri dalam poin ini adalah anda mesti menunjukan antusias untuk bekerja di perusahaan tersebut. rasa percaya diri sangat diperlukan agar anda bisa menjawab setiap lontaran pertanyaan secara tegas dan jelas. namun jangan terlalu percaya diri. Batasi rasa percaya diri dengan sifat tidak sombong dan jujur. Hal ini akan setiap jawaban yang dilontarkan terkesan tidak dibuat-buat.

Itulah beberapa persiapan sebelum wawancara agar hasilnya sukses. Awali dan akhiri sesi wawancara dengan jabat tangan dan attitude yang baik. selamat mencoba dan semoga berhasil.