Dalam memilih sebuah rumah yang hendak dibeli, tidak ada salahnya Anda mengetahui dulu tips seputar hal-hal yang wajib Anda ketahui seputar rumah. Untuk itu, peran arsitek merupakan seorang perencana yang sangat erat dengan pembangunan suatu bangunan. Peran yang diembannya ini, secara sosial juga bertanggung jawab terhadap informasi dan masukan yang bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, sudah selayaknya seorang arsitek memberikan pelayanan gratis yang berhubungan dengan profesinya sebagai kontribusi sosialnya dalam mencerdaskan masyarakat. Pelayanan gratis ini dapat berupa artikel-artikel yang bermanfaat yang berisi berbagai tips dan informasi arsitektur. Salah satu contoh adalah tips sebelum membeli rumah yang akan dibahas dalam artikel ini.

Rumah merupakan salah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia, yaitu “sandang, pangan, papan”. Tak ayal lagi, setiap pasangan muda atau pasangan yang lama menghuni PMI (Pondok Mertua Indah), tentunya sangat mengimpikan rumah idaman sendiri bagi keluarga mereka. Kebutuhan akan “papan” ini semakin meningkat setiap tahunnya melebihi kebutuhan akan produk sekunder lain. Ini terlihat dari survei berbagai lembaga kredibel dan berdasarkan profesi arsitek itu sendiri. Namun ironisnya, tingginya kebutuhan akan “papan” ini tidak diiringi dengan tingginya pengetahuan masyarakat akan ilmu membeli rumah itu sendiri.

Tips membeli rumah ini sangat penting diketahui oleh masyarakat. Oleh sebab itu, penulis sempat mewawancarai salah seorang arsitek dari sebuah konsultan arsitektur di Jakarta (Arsitek Online). Menurut sang arsitek, dalam membeli rumah jangan seperti “membeli kucing dalam karung”, ketika membeli tidak tahu bagaimana kondisinya, ternyata di penghujung transaksi, apa yang dibeli tidak sesuai harapan. Oleh karena itu, ikuti tips membeli rumah berikut yang telah penulis ulas untuk Anda sekalian.

1. Lokasi Rumah

Ini merupakan faktor eksternal pertama yang menjadi tips utama arsitek untuk Anda yang berencana membeli rumah. Mengapa lokasi rumah menjadi begitu penting? Lokasi rumah berkaitan dengan lingkungan yang Anda akan berhubungan dengannya setiap hari. Arsitek menyarankan Anda agar memilih lokasi rumah yang dekat dengan tempat kerja Anda sehingga tidak butuh waktu lama untuk mencapai tempat kerja Anda. selain itu, lokasi ini juga dapat Anda modifikasi sendiri sesuai kebutuhan Anda sekeluarga, bisa saja Anda memilih lokasi rumah yang dekat dengan rumah orang tua atau sekolah anak

2. Keamanan di Sekitar Rumah

Aspek keamanan di lingkungan rumah merupakan faktor eksternal kedua yang menjadi tips dari arsitek dalam membeli rumah. Ini sangat penting untuk menjamin keamanan dan kenyamanan kehidupan Anda sekeluarga nantinya. Jangan sampai Anda membeli rumah di lingkungan dengan tindak kejahatan tinggi. Selain menimbulkan kekhawatiran dalam diri Anda dan keluarga, juga akan membuat Anda dan keluarga tertekan dan selalu merasa dihantui oleh para kriminal.

3. Keamanan di Sekitar Rumah

Aspek keamanan di lingkungan rumah merupakan faktor eksternal kedua yang menjadi tips dari arsitek dalam membeli rumah. Ini sangat penting untuk menjamin keamanan dan kenyamanan kehidupan Anda sekeluarga nantinya. Jangan sampai Anda membeli rumah di lingkungan dengan tindak kejahatan tinggi. Selain menimbulkan kekhawatiran dalam diri Anda dan keluarga, juga akan membuat Anda dan keluarga tertekan dan selalu merasa dihantui oleh para kriminal.

4. Ketersediaan Fasilitas Sosial dan Fasilitas Umum

Sarana dan prasarana di linkungan sekitar rumah merupakan faktor eksternal ketiga dan menjadi perkara yang penting menurut arsitek ketika Anda hendak membeli rumah. Hal ini terutama akan terlihat jelas ketika Anda membeli rumah di suatu perumahan. Maka pilihlah perumahan yang menyediakan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang lengkap, seperti masjid, sekolah, taman bermain, lapangan olahraga, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan Anda sekeluarga.

5. Harga Rumah

Harga rumah merupakan faktor internal pertama dari suatu rumah yang disarankan oleh arsitek bagi Anda untuk dipertimbangkan. Sesuaikanlah anggaran biaya yang Anda miliki dengan kebutuhan dan keinginan Anda terhadap suatu rumah. Jangan melirik ke rumah yang berbudget tinggi sementara Anda tidak menyiapkan dana setinggi itu. Pada akhirnya, justru akan menyulitkan Anda sendiri jika Anda tetap bertahan dengan rumah di luar budget tersebut.

6. Model Desain Rumah

Tips arsitek berikutnya merupakan faktor internal kedua dari suatu rumah, yaitu menentukan model desain rumah sesuai kesepakatan Anda sekeluarga. Ini penting untuk keserasian kehidupan internal Anda sekeluarga. Jika Anda dan istri memiilki selera yang berbeda, misalnya Anda menyukai rumah minimalis modern, sedangkan istri Anda menyukai rumah klasik, maka rembukkanlah terlebih dahulu. Walaupun rumah minimalis modern menjadi primadona saat ini, bukan berarti kesepakatan yang diambil nantinya harus sesuai dengan model rumah terkini.

7. Berkonsultasi dengan Arsitek

Setelah Anda mengumpulkan data-data di atas, maka untuk lebih meyakinkan keputusan Anda, disarankan agar Anda berkonsultasi dengan arsitek profesional yang terpercaya. Jangan khawatir mengenai tarif konsultasi, karena jika sekedar berkonsultasi tidak diberlakukan tarif di dalamnya, seperti halnya di biro jasa desain rumah yang ada.

Mengapa ini menjadi perkara yang penting? Karena jasa desain rumah yang bisa Anda hubungi adalah merupakan profesional di bidang ini sehingga pandangan dan info yang mereka berikan akan berbeda dengan pandangan masyarakat awam terhadap suatu rumah. Nantinya jasa desain rumah akan memberikan penjelasan yang lebih detail dan mempertimbangkan hal yang lebih spesifik dari sekedar kelima faktor yang telah dijelaskan di atas, seperti pencahyaan, sirkulasi udara, kelembaban sudut ruangan, kekuatan struktur rumah, dan lain-lain.

Demikian ulasan mengenai tips penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli suatu rumah. Semoga ulasan ini memberikan banyak manfaat untuk Anda. Penulis akan sangat berterima kasih jika Anda bersedia untuk menshare artikel ini kepada kerabat dan teman-teman Anda sehingga mereka dapat merasakan manfaat ini seperti Anda.

Selamat memiliki rumah baru ya 🙂