Mendirikan bangunan membutuhkan proses yang panjang dengan banyak material, salah satunya beton. Saat ini tersedia jenis beton cor instan atau readymix yang siap pakai sehingga membuat proses pengerjaan bangunan menjadi lebih mudah dan praktis. Beton instan ini bisa dibedakan menjadi beberapa jenis dengan harga readymix yang berbeda antar jenisnya. Masing-masing jenis beton cor instan ini bisa digunakan untuk tujuan penggunaan terentu dengan karakteristiknya masing-masing.

Mengenal lebih lanjut tentang readymix, Anda perlu tahu apa saja jenis readymix yang tersedia. Pengelompokan jenis beton readymix ini ada yang dilakukan berdasarkan ukuran mobil pengolah maupun berdasarkan campuran bahannya. Berikut ini jenis-jenis readymix berdasarkan beberapa kategoridari http://hargabeton.com:

  • Berdasarkan ukuran truk pengaduk atau mixer

Berdasarkan ukuran truk, neton readymix bisa dibedakan menjadi tipe standar dan minimix. Tipe standar ini biasa digunakan di lokasi yang cukup luas dengan medan yang mudah dijangkau. Ukuran jalan menuju proyek setidaknya tidak kurang dari 3 meter. Truk readymix standar bisa mengangkut beton dengan kapasitas maksimal 7 meter kubik. Truk yang digunakan pun ukurannya cukup besar dengan tipe roda 10. Truk ini berukuran panjang 8 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi kurang lebih 4 meter.

Sementara itu, tipe minimix ini berukuran lebih kecil dan bisa menjangkau lokasi proyek dengan ukuran medan jalan yang lebih kecil. Truk yang digunakan untuk membawa beton minimix berukuran panjang sekitar 6,5 meter, lebar 2 meter dengan ukuran tinggi truk kurang lebih 3 meter. Satu truk minimix ini bisa mengangkut hingga 3 meter kubik beton cor siap pakai.

  • Berdasarkan campuran bahan tambahan

Pengelompokan selanjutnya dilakuakn berdasarkan ada tidaknya bahan tambahan berupa abu terbang atau biasa disebut juga Fly Ash. Beton cor dibedakan menjadi beton readymix FA (Fly Ash) dan beton readymix nonFA (NFA). Abu terbang sendiri punya fungsi memadatkan campuran beton cor serta mencegah keropos pada beton ketika sudah terpasang. Abu terbang ini bisa dicampurkan atau bisa juga tidak ditambahkan pada adonan beton cor, disesuaikan dengan kebutuhan Anad. Harga readymixdengan FA dan tanp FA ini tentu saja berbeda, Anda bisa langsung menghubungi produsen beton untuk mendapat informasi yang lebih jelas.

Memilih jenis beton perlu disesuaikan dengan kebutuhan bangungan Anda. Sebaiknya konsultasikan masalah perbetonan ini dengan konsultan bangunan agar Anda bisa memilih jenis beton yang paling tepat sesuai tujuan penggunaan. Jangan sepelekan kualitas demi readymixyang murah, beton yang kuat dan kokoh tentu akan menghasilkan bangunan yang kuat dan tidak mudah roboh. Percayakan kebutuhan beton cor pada produsen readymix terpercaya dan berpengalaman agar masalah kualitas sudah tidak perlu Anda ragukan lagi.