Saat ini tidak sedikit anak muda yang telah berbisnis. Hal tersebut karena di era informasi teknologi ini sangat terbuka peluang untuk memulai bisnis dengan modal minim atau bahkan tanpa modal. Contohnya, Yasa Singgih yang menjadi terkenal karena masuk daftar Forbes 30 Under 30 di usianya yang masih belasan (baca lebih lanjut disini) dan mampu menghasilkan omzet miliaran diusi yang masih muda. 

Nah jika kamu termasuk anak muda yang ingin berbisnis dan sedang mencari apa ide bisnis yang pas, kamu mungkin bisa mendapatkan inspirasi dari 5 contoh ide bisnis anak muda dibawah ini.

1. Bisnis Toko Online

Sudah bukan rahasia lagi jika tidak sedikit pengusaha muda yang sukses dengan bisnis toko online. Banyaknya anak muda yang berhasil dalam bisnis toko online tidak terlepas dari kreativitas serta ketekunan dalam menjalankan bisnis ini. Contohnya Yasa Singgih yang sudah disebutkan diawal artikel ini, juga Yukka Harlanda yang sukses dengan bisnis sepatu dengan merek Brodo.

Jika kamu termasuk anak muda yang kreatif, menyukai pemasaran online dan senang menjual produk fisik maka ini adalah ide bisnis anak muda yang tepat bagi kamu. Kamu dapat memulai bisnis toko online dengan membuka toko marketplace seperti tokopedia, atau dengan mengembangkan jaringan di instagram/facebook, atau bisa juga dengan membuka toko online dengan website sendiri.

2. Bisnis Makanan Ringan

Jika kamu lebih senang berbisnis kuliner maka bisnis snack dapat menjadi pilihan untuk kamu. Selain karena modalnya yang relatif kecil dibandingkan bisnis restoran dan bisnis cafe, bisnis snack atau makanan ringan mempunyai prospek yang bagus. Tercatat bahwa pasar makanan ringan selalu tumbuh dari tahun ke tahun dengan tingkat pertumbuhan mencapai 10%.

Selain itu, pasar makanan ringan selalu terbuka dengan inovasi-inovasi rasa yang baru dan menjadi suatu peluang yang bagus untuk seorang anak muda yang mempunyai ide snack yang enak dan kreatif.

3. Bisnis Jasa Social Media Marketing

Indonesia adalah negara yang sangat aktif dalam bersocial media. Terutama untuk anak muda, hampir tidak ada hari tanpa bermain social media. Anda juga pasti sudah menyadari bahwa social media mempunyai kekuatan untuk membangun brand awarenessdan menjadi salah satu sarana marketing yang efektif.

Written by ELSA MARLIANA