Memulai usaha rumahan merupakan usaha skala kecil yang operasional bisnisnya sebagian besar dilakukan dirumah. Hal ini berbeda dengan bisnis kebanyakan yang dilakukan disuatu tempat usaha terpisah baik itu di kios, toko, workshop, bengkel, ruko, kantor dan lainnya. Meskipun berskala kecil, bisnis rumahan tidak dapat diremehkan karena tidak sedikit usaha rumahan mempunyai omzet yang cukup besar dan dapat meraup omzet puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah.

Usaha rumahan mempunyai kebutuhan modal yang lebih sedikit, dan karena dapat dilakukan dirumah usaha rumahan dapat menjadi salah satu alternatif memulai usaha untuk pengusaha yang kekurangan modal atau tidak memiliki banyak waktu. Namun bukan berarti memulai usaha rumahan yang menjanjikan tidak memiliki tantangan atau masalah. Sebaliknya, keterbatasan bisnis rumahan mempunyai berbagai potensi hambatan dan masalah yang dapat mencegah suatu usaha rumahan untuk berkembang lebih jauh.

Masalah tersebut harus diselesaikan agar usaha rumahan dapat berkembang. Untuk menjawab masalah tersebut berikut beberapa tips sukses usaha rumahan:
1. Tentukan Visi dan Misi Yang Jelas.

2. Rancang Rencana

3. Tentukan ide bisnis atau peluang usaha yang tepat.

4. Bangun dan kembangkan jaringan.

5. Gunakan modal secara bijak.

6. Atur keuangan secara cermat.

7. Pelajari aspek-aspek administrasi bisnis.

8. Fokus kepada produk terbaik.

9. Investasi pada bisnis anda

Written by ELSA MARLIANA